Cara Meningkatkan Skor TOEFL

Cara Meningkatkan Skor TOEFL – Udah mau 2022 tapi skor TOEFL kamu masih rendah? Pengen meningkatkan skor TOEFL-mu dengan efektif?

Di dunia yang bergerak makin cepat ini, bahasa Inggris sebagai bahasa internasional sudah menjadi bahasa yang umum di dunia. Berbagai jasa dan produk dalam bahasa Inggris banyak beredar di mana-mana, termasuk di Indonesia. Selain itu, bahasa Inggris juga menjadi bahasa pengantar dalam berbagai bidang.

Karenanya, sudah menjadi sebuah kewajiban untuk menguasai bahasa Inggris. Untuk mempelajari bahasa Inggris, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Belajar bahasa Inggris bisa dilakukan di sekolah. Selain itu, Kawan YEC bisa mempelajari bahasa Inggris melalui berbagai sumber seperti film, musik, buku, dan karya-karya lainnya.

Namun, dalam prosesnya, tak jarang kita kesusahan dalam memahami berbagai aturan tata bahasa atau grammar dalam bahasa Inggris. Memang, grammar dalam bahasa Inggris mempunyai perbedaan jika dibandingkan dengan tata bahasa dalam bahasa Inggris.

Nah, supaya efektif, mungkin kamu bisa mempraktekkan beberapa cara praktis untuk memahami grammar di bawah ini. Yuk, kita simak bersama!

Berikut Cara Meningkatkan Skor TOEFL

  • Pelajari kata dalam bahasa Inggris sebanyak mungkin

Sebagai orang Indonesia, tentu kita mengetahui berbagai kata dalam bahasa Indonesia. Hal ini yang menjadikan kita bisa lancar berbahasa Indonesia. Begitu pula dengan bahasa Inggris. Agar makin lancar, kita perlu mengetahui sebanyak mungkin kata dalam bahasa Inggris. Kamu tidak perlu khawatir dengan grammar, asalkan kamu sudah paham dengan kata-katanya. Untuk menambah kosakata, Kawan YEC bisa banget belajar dari berbagai sumber seperti lagu, film, novel, dan lain-lain. Supaya lebih efektif, penambahan kosakatanya bisa dilakukan secara bertahap yaa, misalkan 5 kata baru per hari.

  • Latihan berbicara

Nah, setelah menambah kosakata, sekarang waktunya berbicara. Berbicara akan membuat pemahaman berbahasamu semakin kuat, karena pada dasarnya bahasa adalah tentang pembiasaan. Dengan berlatih sedikit-sedikit untuk mengucapkan kata-kata bahasa Inggris, kamu juga melatih pelafalan atau pronunciationmu loh!

  • Belajar melalui hiburan

Seperti poin pertama, belajar bisa dilakukan dari berbagai sumber, bahkan sumber-sumber hiburan seperti yang sudah disebutkan tadi. Belajar dari sumber-sumber ini akan membuat proses belajarmu menjadi menyenangkan. Selain itu, dengan belajar melalui film, lagu, atau novel, Kawan YEC bisa mengetahui grammar dan kata-kata yang sering digunakan oleh native speaker.

  • Meminta koreksi

Supaya pembentukan kata-kata dan kalimat makin mantap, terkadang kita perlu dikoreksi. Namun, biasanya orang-orang sedikit berhati-hati untuk mengoreksimu. Kawan YEC bisa meminta bantuan teman atau saudara yang lebih paham bahasa Inggris untuk mengoreksi kalian.

  • Pahami part of speech

Dalam bahasa Inggris, ada yang dinamakan part of speech. Part of Speech atau golongan kata-kata adalah klasifikasi kata yang dikategorikan melalui peran serta fungsi dalam kalimat dari suatu bahasa. Dalam part of speech, terdapat berbagai macam kelas kata. Kelas-kelas katanya adalah:

  1. Noun (kata benda)
  2. Adjective (kata sifat)
  3. Pronoun (kata ganti)
  4. Verb (kata kerja)
  5. Adverb (kata keterangan)
  6. Dan lain-lain.

Selain part of speech, masih banyak materi lain yang bisa dipelajari agar penguasaan bahasa Inggrismu semakin mantap. Materi-materinya adalah modals, relative/adjective clause, reduced relative clause, comparison, passive voice, the use of certain word, inversion, noun clause, subjunctive.

“Wah banyaknya… gimana belajarnya tuh?”

“Ah banyak banget, pasti bosen banget belajarnya!”

Eits, eits… tenang, Kawan YEC. Bagi kalian-kalian yang mencari cara yang efektif untuk mempelajari grammar, YEC punya solusi nih.

YEC menyelenggarakan “Kelas Toefl Preparation”. Kelas ini adalah kelas online untuk meningkatkan pemahamanmu tentang grammar atau structure, hanya dalam 10 hari saja!

10 hari aja? Emang efektif? Efektif kok, karena materinya sudah diringkas dalam bentuk video, dan ada banyak latihan soal yang bisa meningkatkan pemahamanmu.

Apa aja materi yang dibahas Kak? Seperti yang disebutkan sebelumnya, materi yang akan dibahas di kelas ini mencakup materi Structure lengkap ya, Kawan YEC. Tentunya, materinya ini sering keluar di TOEFL.

Ah, materinya banyak, pasti jadwalnya padat? Tentu tidak ya Kawan YEC. Karena ini kelasnya online, Kawan YEC sendiri yang menentukan jadwal belajarnya. Jadi, kalian bebas belajar di mana pun, kapan pun!

Kalau aku bingung sama materinya, gimana nih Kak? Tenang, ada tutor berpengalaman yang siap membantu kalian melalui grup WhatsApp.

Kalau kalian bersemangat dan rajin mengikuti kelas sampai akhir, ada sertifikat menanti kalian loh! Sertifikat ini bisa banget loh kalian cantumkan di CV kalian.

Pasti mahal nih, kelasnya? Nggak dong. Cukup dengan Rp 100.000an* aja, kalian bisa mendapatkan segunung manfaat ini.

Masih ragu? Kalian masih berkesempatan untuk dapat diskon*, jadi harga kelasnya bisa lebih terjangkau lagi. Menarik banget, kan?

Nah, jadi tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu di Kelas “Toefl Preparation” dan tingkatkan skor TOEFLmu secara efektif bersama YEC!

YEC, preparing for a better you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top