Countable dan Uncountable Noun

Ketika akan membeli suatu barang, hal yang umumnya disebutkan adalah nama barang dan jumlah barang yang akan dibeli. Seperti ketika kamu membeli barang di toko atau warung dekat rumah. 

 

Nah, tahukah kamu, Sobat YEC? Di dalam bahasa Inggris, jumlah barang itu ada yang bisa dihitung dan ada yang tidak bisa dihitung loh!

Hmm, memangnya ada ya, barang yang tidak bisa dihitung? 

 

Jawabannya: ada dong!

 

Nah, daripada penasaran lama-lama, mari simak artikel berikut ini sampai selesai!

Countable Nouns

Countable nouns adalah kata benda yang dapat dihitung secara langsung. Contoh dari countable nouns adalah apple, pencil, pen, person, box, chair, table, spoon, fork, dan lain sebagainya. 

 

Nah, benda-benda atau noun yang sudah disebutkan tadi bisa berbentuk tunggal (singular) atau jamak (plural). Jika berbentuk tunggal atau singular, maka di depan noun tersebut kita tambahkan artikel a atau an.

Contoh:

  • An apple (sebuah apel)
  • A chair (sebuah kursi)

 

Catat bahwa artikel “an” digunakan untuk noun yang diawali dengan bunyi vokal, dan artikel “a” digunakan untuk noun yang diawali dengan bunyi konsonan. 

 

Namun, jika berbentuk plural atau jamak, maka di belakang countable noun tersebut ditambahkan akhiran -s/-es

Contoh:

  • Apples (buah-buah apel)
  • Beaches (pantai-pantai) 

 

Aturan penulisan imbuhan -s/-es dalam plural noun didasarkan pada suara yang mengakhiri noun tersebut. Jika suatu noun diakhiri dengan ch, sh, s, x, atau z, maka tambahkan imbuhan “-es” di belakangnya untuk membuatnya menjadi jamak atau plural. 

 

Nah, itu tadi adalah penjelasan untuk countable nouns. Sekarang, kita beralih ke uncountable nouns.

Uncountable nouns

Jika kita tadi membahas mengenai countable nouns, maka sekarang kita akan membahas mengenai uncountable nouns

Uncountable nouns merujuk pada kata benda yang tidak dapat dihitung, dan berupa benda yang abstrak seperti zat, ide abstrak, dan emosi. Untuk menghitung uncountable noun, diperlukan satuan yang lain, seperti a glass of, a spoon of, dan lain-lain.

Jenis kata benda yang juga disebut sebagai mass nouns ini juga dapat dipahami sebagai kata benda yang hanya memiliki satu bentuk saja, seperti water atau oil. Untuk bisa menyebut kedua jenis ini, maka diperlukan satuan lain seperti quantifiers seperti “a glass of water” atau “a barrel of oil”. 

Karena membutuhkan quantifier, maka Sobat YEC tidak bisa ya, menyebut uncountable noun dengan artikel seperti dalam countable nouns. Mengatakan “a water” atau “an oil” dianggap kurang tepat ya.

Noun yang termasuk uncountable noun adalah rice, sugar, cheese, butter, coffee, tea, sand, music, art, air, love, assistance, dan money. 

Contoh penggunaan dari uncountable noun adalah sebagai berikut:

  • Do you have a glass of water?
    (Apakah kamu punya segelas air?)
  • We need lots of money for this project.
    (Kami membutuhkan banyak uang untuk proyek ini.)

Quantifier Countable dan Uncountable Nouns

Sebelumnya, kita sudah menyinggung mengenai quantifier dalam countable dan uncountable nouns. Selain “a glass of” dan “a barrel of”, ada pula beberapa kata yang termasuk ke dalam quantifier. Kata-kata tersebut adalah much, many, few, little, no/none, some, any, a lot of, plenty of, lots of

  1. Much dan Many

Much dan many adalah quantifier pertama yang akan dibahas. Many digunakan untuk countable noun atau benda yang dapat dihitung. Sementara much digunakan untuk uncountable noun atau benda yang tidak dapat dihitung. 

 

Much dan many bermakna “banyak”. Perhatikan penerapan much dan many berikut ini. 

  • How many things do you put inside your bag?

(Seberapa banyak benda yang kamu taruh di dalam tasmu?)

  • How many cakes for her birthday party?

(Berapa banyak kue-kue untuk pesta ulang tahunnya?)

  • How much water do you need?

(Seberapa banyak air yang kamu butuhkan?)

  • I love this painting so much.

(Aku sangat menyukai lukisan ini.)

  1. Few dan Little

Quantifier kedua yang akan dibahas adalah few dan little. Keduanya bermakna “sedikit”. Perbedaannya terletak pada jenis nounnya. Few digunakan untuk countable nouns, sedangkan little digunakan untuk uncountable nouns.

Contoh:

  • I have a few of friends in North Ireland.

(Aku punya sedikit teman di Irlandia Utara.)

  • I just need a little time.

(Aku hanya perlu sedikit waktu.)

  1. No/None

Quantifier selanjutnya adalah no atau none. Keduanya bermakna “tidak” atau “tidak ada”. No atau none ini bisa digunakan untuk countable dan uncountable nouns. Yang membedakan keduanya adalah pada penggunaannya.

 

No diletakkan di depan countable dan uncountable nouns, dan berfungsi untuk mendeskripsikan noun tersebut. Nah, none sendiri digunakan untuk menggantikan noun tersebut. 

 

Contoh:

  • I have no objection to this matter. 

(Saya tidak keberatan dengan hal ini.)

 

  • My brother has two cups of milk, but my sister has none. )

(Adik laki-lakiku punya dua cangkir susu, tetapi adik perempuanku tidak.)

 

None di contoh di atas merujuk pada “two cups of milk”. Jadi fungsi dari none adalah untuk menggantikan uncountable nouns tersebut. 

  1. Some/Any

Quantifiers berikutnya adalah some dan any. Some dan any sama-sama bermakna “beberapa”. Yang membedakan keduanya adalah dari maknanya. Some bermakna positif, sedangkan any biasanya digunakan untuk pertanyaan dan bermakna negatif. Keduanya dapat digunakan untuk countable dan uncountable nouns

Contoh:

  • Do we have any sugar at home?

(Apa kita punya gula di rumah?)

  • No, we don’t have any sugar.

(Tidak,  kita tidak punya gula.)

  • May I have some doughnuts?

(Apakah aku boleh minta donat?)

  1.  A lot of, plenty of, lots of

Quantifiers selanjutnya adalah a lot of, lots of, dan plenty of. Ketiganya menyatakan sesuatu dalam jumlah yang banyak. Namun, terdapat perbedaan makna di antara quantifier ini. 

A lot of dan lots of bermakna “banyak”, sedangkan plenty of lebih mengarah ke makna “cukup”. Kedua quantifiers ini dapat digunakan untuk countable dan uncountable nouns

Contoh:

  • Uncle Scrooge has a lot of money.

(Paman Scrooge punya banyak uang.)

  • Lots of salt is used in making the soup.

(Banyak garam digunakan dalam pembuatan sup.)

  • We have plenty of foods at home.

(Kami punya banyak makanan di rumah.)

Catat bahwa noun atau kata benda yang mengikuti quantifier tersebut berbentuk jamak atau plural. Jika nounnya countable, berarti diberi imbuhan -s atau -es di belakangnya. Namun jika nounnya uncountable, maka terdapat perubahan bentuk. 

A lot of dan lots of adalah quantifiers yang informal. Untuk esai akademik yang formal, gunakan much atau many. 

Nah, terkait dengan to be yang dipakai dalam a lot of dan lost of, tergantung pada jenis kata bendanya ya, apakah countable atau uncountable. Untuk lebih jelas, perhatikan contoh berikut:

  • There is a lot of money. (Ada banyak uang)

Money (uang) dalam kalimat di atas termasuk dalam uncountable noun, sehingga dianggap sebagai tunggal atau singular. Karenanya, to be yang diletakkan sebelum a lot of adalah is.

  • Lots of apples are bought to make the biggest apple pie. (Banyak apel dibeli untuk membuat pai apel terbesar.)

Apples (apel) termasuk ke dalam countable noun, sehingga diberi imbuhan -s untuk menyatakan jumlahnya yang jamak atau lebih dari satu. Karenanya, to be yang digunakan dalam contoh di atas adalah are.

Nah, demikian, Sobat YEC, materi mengenai countable dan uncountable noun. Bagaimana, makin paham kan?

Materi mengenai countable dan uncountable noun adalah materi yang sering muncul dalam TOEFL. TOEFL atau Test of English as a Foreign Language adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang paling umum diambil di dunia. Tercatat, sekitar 2,3 juta orang berpartisipasi dalam tes ini per tahun.

Tes TOEFL adalah tes yang serbaguna. Sertifikat TOEFL dapat digunakan sebagai syarat kelulusan dan syarat untuk melamar kerja. Semakin tinggi skornya, semakin baik kualitas bahasa Inggris seseorang.


Baca juga : Kegunaan Sertifikat TOEIC

 

Nah, bagi kamu yang sedang mencari sertifikat TOEFL dengan mudah dan nyaman, YEC tahu solusi jitu untukmu.

YEC menyelenggarakan Tes TOEFL ITP yang diselenggarakan secara online. Hanya bermodalkan laptop dan koneksi internet, kamu bisa mendapatkan sertifikat TOEFL ITP tanpa keluar rumah!

Tunggu apa lagi, segera KLIK TOMBOL DI BAWAH INI, dan jadilah kandidat terbaik bersama YEC!

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top