Manfaat dan Kegunaan Sertifikat TOEIC

Manfaat dan Kegunaan Sertifikat TOEIC – Halo Kawan YEC! Bagaimana kabarnya? Semoga sehat dan bahagia selalu ya.

Kawan YEC yang pernah mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris seperti TOEFL dan IELTS pasti mendapatkan sertifikat ya. Sertifikat dari kedua jenis tes bahasa ini berguna jika Kawan YEC ingin melanjutkan studi ke dalam atau luar negeri.

Sama seperti TOEFL dan IELTS, TOEIC sebagai tes kemampuan bahasa Inggris dalam juga mengeluarkan sertifikat untuk pesertanya. Nah, Kawan YEC sudah tahu belum kegunaan sertifikat TOEIC? Eh, jangan-jangan Kawan YEC juga bingung TOEIC itu apa?

Daripada penasaran, yuk simak terus artikel ini!

Sejarah TOEIC

TOEIC atau Test of English as International Communication adalah tes yang menguji kemampuan bahasa Inggris dalam konteks bisnis profesional. TOEIC diciptakan dan dikembangkan oleh ETS (Educational Testing Service) dari Amerika Serikat. Meskipun begitu, seorang tokoh dari tim Jepang, Yasuo Kitaoka berperan penting dalam penyusunan gagasan dasar tes ini.

Pada tahun 1970, Kitaoka berdiskusi dengan pihak ETS mengenai tes kemampuan bahasa Inggris yang bisa digunakan di Jepang. Rencana ini menemui kendala, sehingga proyek pembuatan tes ini ditunda.

7 tahun kemudian, di tahun 1977, akhirnya ETS mulai menjalankan proyek ini. Proyek ini terus berjalan hingga akhirnya di tahun 1979 para pelajar di Jepang mengerjakan TOEIC dengan pilihan ganda untuk pertama kalinya.

Saat ini, terdapat 2 jenis TOEIC, yaitu TOEIC Listening and Reading (TOEIC LR) dan TOEIC Speaking and Writing (TOEIC SW). Peserta tes tidak wajib mengambil kedua jenis tes ini. TOEIC LR dan TOEIC SW sifatnya saling melengkapi satu sama lain.

Rentang skor untuk TOEIC berbeda di setiap sectionnya. Jumlah skor dari tiap-tiap section akan dijumlahkan dan dikonversi ke poin 10 – 990. Skornya dituliskan dalam sertifikat TOEIC.

Manfaat & Kegunaan Sertifikat TOEIC

TOEIC dapat diikuti oleh siswa SMA, SMK, mahasiswa, pencari kerja, maupun orang yang sudah bekerja. Kegunaan sertifikat TOEIC adalah:

  1. Sertifikat TOEIC dapat menggambarkan kemampuan berbahasa Inggris dari peserta, baik lisan maupun tertulis. Skor yang ada pada sertifikat TOEIC menjamin sejauh apa kemampuan peserta dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris.
  2. Dalam lingkungan perusahaan, peserta yang memiliki sertifikat TOEIC dapat dipertimbangkan dalam rekrutmen skilled worker. Bagi mereka yang tersaring, mereka dapat bekerja di luar negeri seperti di Jepang. Lapangan pekerjaan yang tersedia untuk skilled worker antara lain:
  • keperawatan
  • manajemen kebersihan bangunan
  • suku cadang mesin & perkakas
  • industri mesin industri
  • industri listrik, elektronik dan informasi
  • industri konstruksi
  • industri pembuatan kapal dan permesinan kapal
  • perbaikan dan perawatan mobil
  • industri penerbangan
  • industri akomodasi
  • pertanian
  • perikanan dan budidaya
  • pembuatan makanan dan minuman
  • industri jasa makanan
  • Pemegang sertifikat TOEIC dianggap sebagai orang yang siap kerja di lingkungan profesional yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Contoh situasinya adalah pelatihan menggunakan mesin – mesin industri yang menggunakan bahasa Inggris. Contoh situasi lainnya adalah ketika diminta untuk mempelajari SOP (Standard Operating Procedure) dalam bahasa Inggris.
  • Sertifikat TOEIC juga dapat digunakan untuk mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, seperti universitas di luar negeri yang mensyaratkan TOEIC.

Baca Juga : Daftar Beasiswa Kuliah di Luar Negeri yang mudah didapatkan

 

Demikian, Kawan YEC, kegunaan sertifikat TOEIC. Nah, sekarang kalian sudah tahu ya, apa itu kegunaan sertifikat TOEIC.

Jika kalian membutuhkan tes kemampuan bahasa, jangan lupa sesuaikan dengan tujuan dan syarat kalian ya! Umumnya TOEFL dan IELTS digunakan untuk mendaftarkan ke studi yang lebih tinggi. TOEIC biasanya digunakan untuk bekerja, namun juga dapat digunakan untuk mendaftarkan ke studi yang lebih tinggi.

See you guys in the next article!

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top