IISMA Vokasi 2022 Telah Ditutup, Persiapkan Diri untuk IISMA Vokasi 2023

Untuk Kawan YEC yang merupakan mahasiswa D3 atau D4 dari perguruan tinggi vokasi, ada kabar baik untuk kamu. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menawarakan sebuah program beasiswa untuk belajar ke luar negeri.

 

Diperkenalkan sebagai IISMA (Indonesia International Student Mobility Award), program ini memungkinkan mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk mengikuti perkuliahan di universitas kelas dunia selama satu semester serta menjalani program magang di industri mitra universitas tersebut. 

 

Program IISMA ditujukan untuk mahasiswa dari perguruan tinggi akademik. Sementara program IISMA Vokasi ditujukan untuk mahasiswa dari perguruan tinggi vokasi.

 

Beasiswa yang merupakan perwujudan dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini telah dilaksanakan sejak tahun 2021. Di tahun pertama pelaksanaan, tercatat sebanyak 970 mahasiswa dari 98 universitas akademik negeri dan swasta lolos menjadi penerima IISMA. Mereka akan menempuh pembelajaran selama satu semester di 39 perguruan tinggi di 28 negara.

 

Di tahun 2022 ini, jumlah penerima beasiswa meningkat. Sebanyak 1.565 mahasiswa Indonesia berhasil berangkat ke universitas di luar negeri. 1.155 mahasiswa akademik akan belajar di 72 perguruan tinggi di 26 negara. 

 

Sementara itu, 409 mahasiswa dari 64 perguruan tinggi vokasi melaksanakan perkuliahan satu semester di 46 perguruan tinggi di 11 negara. Tak hanya berkuliah, para mahasiswa ini juga akan melaksanakan magang di industri mitra universitas tempat mereka belajar.

 

Lebih jelasnya, terdapat skema atau rancangan mengenai program IISMA Vokasi. Terdapat tiga bentuk pembelajaran untuk IISMA Vokasi, yaitu Program Pengalaman Industrial (Industrial Experience Program), Pembelajaran Berbasis Kelas dan Pengalaman Industri (Class Based Learning and Industrial Experience), serta Pembelajaran Berbasis Kelas (Class Based Learning).

 

Selain kesempatan untuk menempuh pendidikan di luar negeri, para mahasiswa ini juga akan mendapat biaya penunjang. Mahasiswa penerima IISMA Vokasi akan memperoleh biaya pendidikan penuh, biaya hidup, serta biaya transportasi.

 

Melihat besarnya manfaat beasiswa ini, maka sangat disayangkan bila Kawan YEC tak ikut ambil bagian di program IISMA Vokasi. Karena IISMA Vokasi 2022 telah ditutup, maka Kawan YEC bisa mempersiapkan diri untuk IISMA Vokasi yang akan digelar pada tahun 2023. 

 

Untuk dapat mengikuti IISMA Vokasi 2023. Terdapat beberapa persyaratan yang harus Kawan YEC siapkan. Persyaratannya dapat Kawan YEC lihat di sini.

 

Persiapan yang baik selalu dimulai jauh-jauh hari sebelumnya. Untuk segala kebutuhan pendalaman dan tes bahasa Inggrismu, percayakan pada YEC. Cek promo dan diskon menarik di sini.

 

YEC, preparing for the better you.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top