Jenis dan Contoh Invitations dalam Bahasa Inggris

Saat orang-orang mengadakan suatu acara atau event, mereka akan mengundang orang lain untuk meramaikan acaranya. Entah itu keluarga, sahabat terdekat, teman di sekolah maupun di kantor, semua bisa diminta untuk terlibat. Nah, untuk mengundang orang-orang, dibuatlah undangan atau invitation.

 

Undangan atau invitation yang ditujukan kepada orang lain tidak bisa ditulis sembarangan. Terdapat beberapa hal seperti struktur dan jenis undangan yang perlu diperhatikan sebelum membuatnya.

 

Apakah Kawan YEC sedang mencari cara membuat undangan atau invitation? Jika iya, maka kamu sudah datang di artikel yang tepat. Selengkapnya, mari bahas jenis dan contoh invitations dalam bahasa Inggris di bawah ini!

 

Pengertian Undangan atau Invitation

Undangan adalah permintaan, ajakan, atau upaya untuk membuat orang lain bergabung di acara tertentu. Undangan juga dapat diartikan sebagai permintaan formal untuk kehadiran individu dalam suatu acara, seperti makan malam, perayaan, atau acara formal lainnya.

 

Berdasarkan sifat acaranya, undangan terbagi menjadi dua, yaitu undangan formal dan undangan informal. 

  1. Undangan Formal/Formal Invitations

Seperti namanya, undangan formal dibuat untuk mengundang orang ke acara yang formal seperti pernikahan, wisuda, grand opening sebuah gedung, dan acara resmi lainnya. Dalam jenis undangan ini, kata-kata yang formal digunakan untuk menunjukkan kesopanan.

 

Undangan formal atau formal invitation juga dibuat dengan mengikuti struktur tertentu. Struktur untuk undangan formal adalah sebagai berikut:

 

  1. Invitee : Orang yang diundang
  2. Body of invitation:
  • occasion: acara yang akan dihadiri
  • day or date: hari dan tanggal
  • time: waktu pelaksanaan
  • place: tempat pelaksanaan
  1. Inviter: Orang yang mengundang

 

Untuk lebih jelasnya, mari perhatikan contoh di bawah ini. 

 

(Invitee)

(Occasion)

(Day, date, time, place)

(Inviter)

Dear Sir Lawrence,

We are pleased to inform you that you are cordially invited to Gala Dinner of Lawsmith Co. This event will be organized at Lawsmithson Building and be held on 1st October 2022 at 8 p.m. A live band will be invited to make the dinner more enjoyable.

Please remember to RSVP before 30th September 2022 by contacting us at our number or emailing us.

We are looking forward to your attendance at the event.

Sincerely,

Roseanne

 

Bisa dilihat, contoh invitation di atas menggunakan struktur invitee (yang diundang), body of invitation (occasion, day or date, time, or place), dan inviter (yang mengundang).

 

2. Undangan Informal/Informal Invitation

Setelah kita memahami definisi, struktur, dan contoh dari formal invitation, saatnya kita beralih ke informal invitation atau undangan informal.

 

Seperti namanya, undangan informal atau informal invitation menggunakan kata-kata yang tidak baku atau lebih kasual. Bentuk dari informal invitation lebih seperti surat pribadi. Informal invitation ditujukan kepada orang-orang yang memiliki hubungan dekat dengan pengundang, seperti keluarga, teman, dan orang-orang terdekat. 

 

Biasanya, informal invitation digunakan untuk mengundang orang ke acara yang bersifat santai seperti kumpul keluarga, makan bersama, ulang tahun, atau acara lainnya. 

 

Untuk lebih jelasnya, mari simak struktur dari informal invitation di bawah ini. 

 

  • Inviter’s Address: Alamat pengundang
  • Current date: Tanggal penulisan undangan
  • Greeting: Salam/sapaan
  • Event or Occasion: Acara
  • Time, date of the event, venue: waktu, tanggal acara, tempat
  • Inviter’s Name: Nama pengundang

 

Agar lebih jelas, mari lihat contoh di bawah ini

 

(Inviter’s Address)

(Current date)

(Greeting)

(Event or occasion)

(Time, date of the event, venue)

(Inviter’s name)

Yogyakarta

28th September 2022

Dear Lewis, 

I am very pleased to invite you to my 18th birthday party. I will be holding a small party on the 5th October 2022 at my backyard. The party will be started at 11 am

I can’t wait to see you at my birthday party. 

Looking forward to hearing from you soon.

Much love,

Valkyrie

Bisa dilihat, contoh invitation di atas menggunakan struktur inviter’s name (yang mengundang), current date (tanggal penulisan surat), greeting (salam/sapaan), event/occasion (acara), time, date of the event, venue (waktu, tanggal acara, tempat), serta inviter’s name (nama pengundang). Bahasa yang digunakan dalam undangan ini juga lebih santai dan hangat. 

 

Demikianlah, Kawan YEC, jenis dan contoh invitations dalam bahasa Inggris. Terdapat dua jenis invitations, yaitu formal invitation (undangan formal) dan informal invitation (undangan informal). 

 

Struktur yang digunakan dalam kedua jenis invitation ini juga hampir sama. Keduanya mengandung event/occasion, time/date of the event, venue/place, dan the inviter. 

 

Bagaimana, Kawan YEC, mudah bukan materi jenis dan contoh invitations dalam bahasa Inggris ini? Sekarang, kalian tidak perlu bingung lagi jika perlu membuat invitations dalam bahasa Inggris. 

 

Invitation adalah salah satu materi dalam bahasa Inggris yang umum diketahui banyak orang. Selain invitation, terdapat berbagai materi yang perlu dikuasai agar kamu lancar berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Materi-materi yang perlu dikuasai antara lain kemampuan menyimak (listening), tata bahasa (grammar), dan membaca (reading).

 

Untuk Kawan YEC yang ingin menguji diri dalam kemampuan bahasa Inggris, YEC paham solusi terbaik untukmu.

Sekarang, kamu bisa menguji dirimu dengan soal dengan tingkat kesulitan seperti TOEFL dengan EPOT oleh YEC! EPOT (English Proficiency Online Test) adalah tes TOEFL Prediksi yang bisa kamu gunakan untuk menguji diri. Sertifikat EPOT valid digunakan sebagai persyaratan yudisium, mendaftar S2, atau melamar kerja. Sertifikat digital yang otomatis keluar setelah tes akan memudahkan strategimu selanjutnya. KLIK DI SINI untuk informasi lebih lanjut dan dapatkan kupon diskon menarik dengan chat Customer Service kami!

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top