Manfaat dan Kegunaan Toefl

Macam macam tenses dan kegunaannya

Manfaat dan Kegunaan Toefl – Kawan YEC, di antara kalian pasti pernah mendengar istilah “TOEFL”.  TOEFL atau Test of English as a Foreign Language adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang terstandarisasi. TOEFL dikembangkan oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah organisasi pengujian dan penilaian pendidikan nirlaba swasta terbesar di dunia.

Nah, sebagai salah satu tes kemampuan bahasa Inggris yang paling umum di dunia, TOEFL memiliki bermacam-macam fungsi atau kegunaan. Tahukah kalian kegunaan dari TOEFL? Jika belum, yuk sama-sama kita simak artikel berikut ini!

Berikut Manfaat dan Kegunaan Toefl

  • Menjamin kemampuan berbahasa

TOEFL bisa menjamin kemampuan bahasa Inggris seseorang, terutama bagi orang yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Kabar baik bagi Kawan YEC, karena jika kamu meraih skor yang tinggi dalam TOEFL, artinya kamu bisa diterima di berbagai negara di dunia.

TOEFL telah lama diterima di 10.000 universitas di 150 Di antara 130 negara itu, negara-negara yang mayoritas menerima TOEFL adalah Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, Australia dan Selandia Baru, Jerman, dan Prancis. 

  • Syarat masuk dan lulus kuliah

Untuk Kawan YEC yang sekarang berkuliah, pasti tahu tentang ini ya. TOEFL juga digunakan sebagai syarat masuk calon mahasiswa baru di sebuah universitas. Ketika sudah diterima menjadi mahasiswa, beberapa universitas juga mewajibkan mahasiswanya untuk mengambil tes bahasa Inggris yang setara dengan TOEFL. Contohnya adalah Pro-TEFL untuk mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.

Tak hanya untuk syarat masuk kuliah, TOEFL juga menjadi syarat untuk lulus kuliah. Universitas-universitas di Indonesia mewajibkan adanya bukti keikutsertaan mahasiswa dalam tes TOEFL, baik yang digelar di kampus maupun yang di luar kampus agar mahasiswa tersebut bisa lancar mengikuti sidang atau yudisium. 

  • Meningkatkan kesempatan melamar kerja

Dalam berbagai iklan lowongan kerja, sering dijumpai persyaratan atau kualifikasi yang mencantumkan skor TOEFL tertentu. Bukan hanya perusahaan multinasional, namun kini perusahaan swasta dan BUMN serta instansi pemerintahan juga mensyaratkan TOEFL kepada calon pelamar kerja agar dapat diterima. Nah, bila Kawan YEC sedang mencari pekerjaan, pastikan untuk mengikuti TOEFL terlebih dulu ya!    

  • Sarana penunjang untuk bersekolah di luar negeri

Jika tadi kita membicarakan kegunaan TOEFL dalam konteks pendidikan di dalam negeri, sekarang kita berbicara tentang konteks pendidikan luar negeri. Sudah menjadi rahasia umum, jika ingin sukses mengenyam pendidikan di luar negeri, maka kemampuan untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris adalah syarat yang paling utama. Karenanya, TOEFL menjadi syarat penting agar bisa berkuliah di luar negeri.

TOEFL menjadi semakin penting jika Kawan YEC menargetkan masuk kuliah melalui jalur beasiswa. Beasiswa Fullbright, Stipendium Hungaricum, dan Australia Awards Scholarship adalah beberapa beasiswa yang menerima TOEFL. 

  • Jembatan untuk berkarier di luar negeri

Selain penting untuk syarat masuk kuliah di luar negeri, TOEFL juga penting jika Kawan YEC ingin berkarier di luar negeri. Banyak negara yang mensyaratkan bukti kefasihan berbahasa Inggris kepada orang-orang yang akan bekerja di sana. 

Contohnya seperti di Australia. Orang-orang yang mengajukan visa tinggal dan bekerja di Australia harus menunjukkan kemahiran berbahasa Inggris mereka dalam prosesnya. Pemerintah Selandia Baru juga menerima sertifikat TOEFL sebagai bukti kelancaran berbahasa Inggris untuk orang-orang yang termasuk dalam kategori Imigran Terampil.

Dari kelima poin ini kita bisa tahu ya, jika kegunaan TOEFL sangat besar dalam bidang akademik dan pekerjaan. Karenanya, demi kelancaran studi dan pekerjaan Kawan YEC, disarankan untuk mengikuti dan mendapatkan sertifikat TOEFL ya.

Nah, untuk mendapatkan skor TOEFL yang memuaskan, maka kesungguhan kalian diperlukan untuk mempersiapkannya. Kenapa begitu? Sebab, TOEFL menguji kemampuan berbahasa seseorang dalam konteks formal dan akademis, bukan dalam konteks bahasa sehari-hari. Sering memperbanyak kosakata dan mempelajari grammar adalah salah satu cara belajarnya.

Eits, tapi itu saja tidak cukup loh Kawan YEC… sebab, ada berbagai macam materi yang diujikan dalam TOEFL. TOEFL, khususnya TOEFL ITP sendiri menguji 3 kemampuan berbahasa, yaitu mendengarkan (Listening), tata bahasa (Structure and Written Expression), dan membaca (Reading). 

Materi yang sering diujikan dalam TOEFL antara lain menyimak dialog pendek, dialog panjang dan monolog, Modals, Relative/Adjective Clause, Reduced Relative Clause, Comparison, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga perlu belajar teknik skimming dan scanning, serta mengenali tipe-tipe pertanyaan.

Dengan materi sebanyak itu, yakin kamu nggak kelabakan belajar TOEFL sendirian? 

Tenang Kawan YEC… YEC bisa membantu kamu untuk mempersiapkan diri menghadapi TOEFL. Dengan Kelas “YEC TOEFL Preparation Online”, kamu bisa belajar dengan efektif dan intens demi skor TOEFL yang memuaskan.

Dalam waktu 8 minggu atau 2 bulan, kamu akan belajar tentang materi-materi yang sering keluar dalam TOEFL. Contoh materi-materinya seperti yang sudah disebutkan di atas ya.

“2 bulan? Emang cukup waktunya?”

Cukup dong, Kawan YEC! Materi-materinya sudah diringkas dengan efisien sehingga waktu 2 bulan cukup untuk mematangkan diri demi menghadapi TOEFL. 

Baca Juga : Cara meningkatkan skor toefl

Dilaksanakan secara online atau daring, kamu nggak perlu repot-repot datang ke tempat kursus. Kamu bisa santai belajar bahasa Inggris di kelas ini, setelah sekolah atau kuliahmu selesai. Sambil rebahan atau nongkrong, kamu bebas belajar di mana pun kamu mau.

Selain itu, kamu juga nggak harus mengikuti jadwal yang padat. Di YEC, kamu bebas menentukan sendiri jadwal belajar kamu. Mau pagi, siang, atau malam, tidak ada yang melarang!

Materi-materinya sendiri dikemas dalam bentuk video. Kamu bisa mengakses video-video pembelajaran ini kapanpun kamu mau, 24 jam.

Setelah kamu memahami materi dari video pembelajaran, kamu bisa mengasah diri dengan ratusan latihan soal yang siap dikerjakan. Di setiap latihan soal, ada kunci jawaban dan pembahasan.

“Bentar, bentar…. Kalau aku bingung, gimana?”

Kalau kamu bingung, ada tutor profesional yang siap membantu kamu. Kamu bisa mendiskusikan kebingungan atau kendalamu di grup WhatsApp bersama tutor dan teman-teman yang lain ya.

“Kalau aku ikut kelas ini, ada buktinya nggak?”

Ada dong! Bukti pertamanya adalah kamu bisa meraih skor impianmu. Bukti keduanya adalah sertifikat. Jika kamu rajin mengikuti kelas ini sampai selesai, kamu bisa mendapatkan sertifikat yang bisa kamu cantumkan di CV kamu. Hitung-hitung menambah nilai plus kamu agar HRD tertarik.

“Hmm… aku liat-liat kayanya harga kelas TOEFL begini sampai jutaan deh…”

Hmm, itu kan kursus persiapan TOEFL yang ada di luar. Di YEC, kamu nggak perlu bayar hingga jutaan Rupiah. Cukup dengan Rp 500.000an* aja, kamu bisa mendapatkan semua manfaat ini. 

Masih kurang? Tenang, ada diskon* yang bisa kamu dapatkan, jadi harga kelasnya bisa lebih terjangkau lagi.

Nah, tunggu apa lagi? Segeralah bergabung di Kelas “YEC TOEFL Preparation Online” dan raih skor TOEFL sesuai harapanmu bersama YEC.

YEC, preparing for a better you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top