Perbedaan Penggunaan Need dan Want

direct dan indirect

Perbedaan Penggunaan Need dan Want ? Bedanya apa sih?

Kawan YEC, pasti kalian sering menjumpai kata need dan want ya. Kedua kata ini sering digunakan secara bergantian karena banyak yang mengira need dan want mempunyai arti yang sama. Padahal, ada perbedaannya, lho! 

Nah, daripada penasaran, yuk simak pengertian dan artinya di bawah ini! 

Pengertian dan Penggunaan Need 

Need” dalam bahasa Inggris berarti “perlu”, “memerlukan”, dan “membutuhkan” (sebagai verb/kata kerja) dan “kebutuhan” (sebagai noun/kata benda). Dalam konteks ini, “need” digunakan untuk merujuk kepada hal-hal yang sangat penting atau vital agar manusia dapat bertahan hidup. Bila hal-hal ini tidak terpenuhi, maka dapat menyebabkan seseorang sakit, tidak dapat berkegiatan sebagaimana mestinya, atau bahkan dapat mengarah pada kematian.

Need” atau kebutuhan dikategorikan dalam dua kelompok, yaitu kebutuhan objektif dan kebutuhan subjektif. Kebutuhan objektif (kebutuhan fisik/physical needs) adalah kebutuhan yang bisa dipenuhi melalui hal-hal yang nyata atau terukur. Contohnya adalah kebutuhan akan makanan, pakaian, dan tempat tinggal.

Sedangkan kebutuhan subjektif merujuk kepada hal – hal yang mengarah pada kesehatan mental seseorang, seperti harga diri, rasa aman, dan rasa nyaman.

Secara fungsi bahasa, penggunaan need lebih kuat daripada want. Untuk menyusun kalimat menggunakan kata “need” pola-polanya adalah sebagai berikut:

 

  1. Subject + need/needs + noun

 

Contoh kalimat:

  1.  I need food (Saya membutuhkan makanan)
  2. She needs air (Dia membutuhkan udara)
  3. You need someone to lean on (Kamu membutuhkan seseorang untuk bersandar)

 

2.  Subject + need/needs to + Verb 1 

 

Kalimat dengan pola ini bermakna aktif. Contoh:

  1. I need to work. (Saya harus bekerja)
  2. You need to pick her up. (Kamu harus menjemputnya)
  3. He needs to water the plants. (Dia harus menyiram tanaman)

 

3. Subject + need/needs to + Verb 3

 

Kalimat dengan pola ini bermakna pasif. Contoh:

  1. She needs to be understood. (Dia harus dipahami)
  2. He needs to be taken care of. (Dia harus dirawat)

Untuk pola kalimat ke-2 dan ke-3 (Subject + to infinitive + Verb 1 & 3), need bermakna “harus”.

Penggunaan Want

Jika kita tadi membahas tentang need, maka sekarang kita beralih ke want. Want atau keinginan (sebagai noun/kata benda) diartikan sebagai sesuatu yang diinginkan oleh seseorang, baik saat ini maupun di masa depan. Want atau keinginan setiap orang dapat berbeda. 

Sebagai contoh dalam Perbedaan Penggunaan Need dan Want, keinginan A adalah memiliki mobil. Sedangkan keinginan B adalah berwisata ke negara lain. Setiap orang memiliki daftar keinginan dengan tingkat kepentingan yang berbeda – beda. Keinginan dapat berubah seiring waktu. Berbeda dengan need atau kebutuhan yang cenderung sama selama manusia itu hidup.

Selain diartikan sebagai noun, want juga dapat berarti “ingin” dan “menginginkan” (verb/kata kerja). Untuk menyusun kalimat menggunakan “want”, berikut pola – pola yang dapat digunakan:

 

  1. Subject + want/wants + noun

 

  1. I want a car. (Aku ingin sebuah mobil)
  2. She wants a necklace.(Dia ingin sebuah kalung)
  3. He wants a kitten. (Dia ingin seekor anak kucing)

 

2.  Subject + want/wants to + Verb 1

Kalimat dengan pola ini bermakna aktif. Contoh:

  1. I want to go to Bali. (Aku ingin pergi ke Bali)
  2. She wants to eat the banana. (Dia ingin makan pisang)

 

3.  Subject + want/wants to be + Verb 3

 

Kalimat dengan pola ini bermakna pasif. Contoh:

  1. I want to be acknowledged. (Aku ingin diakui)
  2. She wants to be heard. (Dia ingin didengar)

 

Demikian, Kawan YEC, Perbedaan Penggunaan Need dan Want. Setelah membaca artikel ini, semoga kalian bisa menggunakan kedua kata ini dengan tepat ya!

Need dan want adalah beberapa kata dalam bahasa Inggris yang sering digunakan. Nah, Kawan YEC tahu nggak kata-kata lain yang sering digunakan dalam bahasa Inggris?

Baca Juga : Perbedaan Aksen dan Dialek

Agar lancar berkomunikasi dalam bahasa Inggris, tentunya kita perlu mengetahui dasar-dasarnya ya. Bagi Kawan YEC yang bingung mau belajar dasar – dasar bahasa Inggris di mana, YEC punya solusi buat kamu nih!

YEC menyelenggarakan “Kelas Bahasa Inggris Dasar untuk Mahasiswa”! Di kelas ini, kamu akan belajar bahasa Inggris mulai dari dasar-dasarnya, secara online atau daring.

Kelas ini diselenggarakan selama 10x pertemuan saja. Nggak kelamaan, bukan? Dibandingkan dengan kursus bahasa Inggris lainnya yang perlu waktu lebih dari 3 bulan, tentu kelas ini akan sangat menghemat waktu kamu!

Eits, meskipun waktunya relatif cepat, kamu nggak perlu khawatir dengan kualitasnya. Materi-materi di YEC dikemas dengan efektif dan menarik dalam bentuk video pembelajaran. 

“Emang, materinya apa aja sih Kak?”

Materi – materi di kelas ini meliputi bahasa Inggris dasar, seperti vocabulary (kosakata), grammar (tata bahasa), listening (mendengarkan), reading (membaca), dan short expression (ungkapan pendek).

Nah, setelah kamu selesai menonton video materinya, kamu bisa uji pemahaman kamu dengan mengerjakan latihan soal. Di setiap latihan soal, terdapat kunci jawaban dan pembahasan. 

Ah iya, karena kelas ini online, maka kamu punya kebebasan untuk mengatur waktu dan tempat belajarmu. Kamu bisa belajar kapan pun dan di mana pun, sesuka kamu!

Meskipun belajarnya online, tapi kamu nggak belajar sendirian kok! Ada tutor profesional yang ramah dan siap membantu kamu, jika kamu menemui kendala. Kamu bisa berdiskusi dengan tutor dan teman-teman lain melalui grup WhatsApp ya.

Dan, jika kamu rajin mengikuti kelasnya sampai selesai, ada sertifikat yang menantimu loh! Sertifikat ini bisa kamu cantumkan di CV kamu, sebagai bukti bahwa kamu pernah mengikuti kelas ini.

“Hmm… Kelas ini harganya berapa Kak?”

Nah, ada kabar baik banget nih buat Kawan YEC! Ada diskon besar – besaran untuk kelas ini. Cukup dengan Rp 100 ribuan aja, kamu bisa mahir bahasa Inggris dasar!

Masih kurang? Kamu pun masih berkesempatan buat dapat diskon* lagi, jadi harga kelasnya bisa lebih terjangkau!

Gimana, menarik banget kan? Sebelum kehabisan harga khusus ini, yuk segera daftarkan dirimu di “Kelas Bahasa Inggris Dasar untuk Mahasiswa”, dan kuasai dasar-dasar bahasa Inggris bersama YEC!

YEC, preparing for a better you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top