rekomendasi kamus bahasa inggris

Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris Online dan Cetak

Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris – Ngomong-ngomong soal bahasa Inggris, saat ini makin terasa ya, keberadaan bahasa Inggris di sekeliling kita. Sekarang ini, hampir semua aspek dalam kehidupan, baik itu pendidikan, pekerjaan, maupun di kehidupan sehari-hari, pasti ada unsur bahasa Inggrisnya. Keberadaan bahasa Inggris juga semakin terasa bila kita menyelami media sosial dan internet. Untuk Kawan YEC yang sering main Twitter atau bermain games online, pasti pernah ya ketemu dan ngobrol dengan orang dari negara lain?

Nah, karena hal tersebut, bahasa Inggris menjadi penting untuk dipelajari. Namun, dalam proses mempelajarinya, terkadang kita kesusahan menerka arti dari suatu kata atau melafalkannya. 

Untuk membantu Kawan YEC dalam belajar bahasa Inggris, ada satu alat sakti yang bisa kalian andalkan, yaitu kamus. Benda yang lebih dikenal sebagai buku tebal dan berat ini sekarang telah berevolusi menjadi laman-laman di internet yang bisa diakses melalui smartphone atau laptop. Kamu pun bisa mengaksesnya dengan mudah di mana saja dan kapan saja.

 

Meskipun begitu, kamus cetak atau kamus berbentuk buku masih menjadi pilihan bagi sebagian orang. Bersih dari iklan dan pop-up seperti yang sering muncul di kamus online,  kamus cetak lebih enak dipandang mata. Selain itu, membaca kamus cetak akan melatih kita dalam mengurutkan huruf dan membaca cepat atau scanning.

 

Oke, jika kalian sedang mencari rekomendasi kamus bahasa Inggris yang bagus, kalian sudah berada di artikel yang tepat. Yuk, kita simak beberapa rekomendasi kamus online dan cetak di bawah ini!

Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris Online

  • Collins Dictionary

 

Collins Dictionary adalah salah satu platform kamus terbaik untuk pembelajar, penerjemah, dan guru. Menyimpan sekira 4.5 juta kata, Collins adalah perwujudan dari fitur-fitur terbaik. Kamus ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang bisa meningkatkan pemahamanmu mengenai grammar dan kefasihan. Fitur-fiturnya termasuk Thesaurus, video, penerjemah, dan scrabble. Dalam kotak pencarian kamus ini, terdapat fitur autosuggest yang memungkinkan kamu untuk memilih kata yang kamu cari hanya dengan mengetik beberapa huruf.

  • Google Dictionary

Kamus keluaran Google ini adalah salah satu kamus paling terkenal karena di dalamnya terdapat direktori kata-kata online yang paling komprehensif. Fitur terkuatnya adalah kamus ini menyediakan beberapa bahasa. Sinonim, penggunaan kata, asal muasal kata, dan antonim juga menjadi fitur-fitur yang diselipkan di kamus ini. Google Dictionary dilengkapi dengan alat pelafalan audio, fitur autosuggest, dan menunjukkan suatu kata dalam bentuk present tense, past tense, dan present serta past participle.

  • Oxford Dictionary

Dikenal sebagai alat bantu terbaik bagi murid dan pembelajar, Oxford Dictionary adalah platform terbaik yang dapat memberi definisi dari suatu kata ke dalam British English dan American English. Agar lebih jelas, kamus ini dilengkapi dengan fitur gambar, contoh kalimat, sinonim, dan audio pronunciation. Fitur critical symbol juga menunjukkan ke pembaca tentang betapa pentingnya suatu kata dalam bahasa Inggris. Jika kamu sedang menulis penelitian atau tesis, kamus ini sangat cocok untuk kamu. 

  • Macmillan Online Dictionary

Macmillan Dictionary adalah salah satu platform yang bagus untuk mempelajari kata-kata baru. Kamus ini terintegrasi penuh dengan Thesaurus, dan menyediakan sinonim dengan banyak kata-kata yang berkaitan. Macmillan Dictionary merupakan salah satu kamus terbaik bagi orang yang berbicara dalam bahasa Inggris. Fitur lainnya yang menarik adalah simbol bintang dan warna yang menandakan seberapa sering suatu kata digunakan dalam bahasa Inggris.

  • Cambridge Online Dictionary

Cambridge Dictionary adalah salah satu kamus yang sangat dihormati untuk tujuan resmi dan pendidikan. Tiga fitur yang sangat kuat dalam kamus ini adalah kamus, grammar, dan penerjemah. Kamus ini mendukung penerjemahan ke lebih dari 20 bahasa. Fitur lainnya adalah audio pronunciation, phrasal verbs, Thesaurus, dan idioms.

Akses Materi Bahasa Inggris Untuk Toefl Gratis di Belajar Bahasa Inggris TOEFL

Rekomendasi Kamus Versi Cetak

  • Kamus Inggris Indonesia dan Kamus Indonesia Inggris 

Kamus ini adalah kamus paling legendaris bagi orang Indonesia. Kawan YEC pasti pernah melihatnya di toko-toko buku. Kamus yang disusun oleh John M. Echols dan Hassan Shadily ini sangat bermanfaat bagi orang Indonesia yang sedang mempelajari bahasa Inggris atau orang yang berbicara bahasa Inggris yang sedang mempelajari bahasa Indonesia. Di beberapa jurusan kuliah yang berkaitan dengan bahasa Inggris, kamus ini adalah kamus yang wajib dimiliki.

  • Longman’s Learner Dictionary of American English

Longman Dictionary adalah salah satu kamus terbaik bagi siswa yang sedang mempelajari bahasa Inggris untuk belajar dan bekerja di Amerika Utara. Dikemas dengan praktis, kamus ini memuat banyak materi referensi dan idioms, phrasal verbs dan yang lainnya.

  • Cambridge Advanced Learner’s Dictionary

Kamus terstandard untuk British English, Cambridge Advanced Learner’s Dictionary ini adalah alat yang ideal untuk pembelajar bahasa Inggris yang ingin mengambil ujian tingkat lanjut Cambridge (FEC, CAE, dan Proficiency). Kamus ini dilengkapi dengan CD-ROM yang penuh dengan sumber dan materi.

  • Oxford Elementary Learner’s Dictionary

Kamus ini cocok digunakan untuk pemula yang baru saja mempelajari bahasa Inggris. Oxford Oxford Elementary Learner’s Dictionary of English menyediakan sumber-sumber inti untuk mempelajari bahasa Inggris, khususnya untuk komunikasi di kelas-kelas yang menggunakan British English.

  • Oxford Advanced Learner’s Dictionary

Jika kamus yang tadi merupakan kamus untuk pemula, kamus Oxford kali ini adalah kamus yang cocok untuk pembelajar tingkat lanjut. Oxford’s Advanced Learner’s Dictionary juga dilengkapi dengan perbandingan standar bahasa dari Amerika Utara dan British English. Kamus ini sangat cocok untuk mereka yang mempelajari bahasa Inggris untuk berkomunikasi secara global.

Demikianlah, Kawan YEC, rekomendasi kamus online dan cetak yang bisa kamu pilih. Pilihlah sesuai kebutuhanmu ya! Nah, mana nih yang kira-kira akan kamu pilih?

 

Info Terbaru terkait kursus bahasa inggris online

 

Selain mengandalkan kamus untuk mempelajari bahasa Inggris, banyak membaca serta berlatih soal adalah salah satu cara agar makin terbiasa dengan penggunaan bahasa Inggris. Karena bahasa adalah tentang pembiasaan, maka sering-seringlah berlatih ya Kawan YEC!

 

Buat kamu-kamu yang ingin berlatih banyak soal bahasa Inggris, YEC bisa membantu kamu nih. Hanya dalam 10 hari saja, kamu akan banyak berlatih banyak soal bahasa Inggris di “Kelas Bahasa Inggris Dasar untuk Mahasiswa” oleh YEC. Kamu akan berlatih banyak soal mengenai vocabulary, grammar, listening, reading dan short expressions. KLIK DI SINI untuk daftar Kelas Bahasa Inggris untuk Mahasiswa dan dapatkan harga diskon!

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top