Beasiswa LPDP Dalam Negeri 2018

0
5493

LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. LPDP adalah bagian dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Program LPDP sendiri tidak hanya fokus pada beasiswa semata sebab LPDP memiliki 3 program yaitu: Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), Riset Pembangunan Indonesia, dan Rehabilitasi Fasilitas Pendidikan. Program Beasiswa ini hanya salah satu dari tiga program yang LPDP lingkupi.

Tanggal Penting Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) LPDP

Dalam Negeri Luar Negeri
Pembukaan Pendaftaran 7 Mei 2018 2 Juli 2018
Submit Dokumen 7 Mei – 8 Juni 2018 2 Juli – 21 September 2018
Penutupan pendaftaran 8 Juni 2018 21 September 2018
Penetapan hasil seleksi administrasi 29 Juni 2018 12 Oktober 2018
Seleksi berbasis komputer 9-25 Juli 2018 22 Oktober – 12 November 2018**
Penetapan hasil seleksi berbasis komputer 31 Juli 2018 17 November 2018
Seleksi Substansi 13 Agustus – 7 September 2018 26 November – 22 Desember 2018
Pengumuman hasil seleksi substansi 14 September 2018 28 Desember 2018

Tanggal pendaftaran Beasiswa dalam negeri adalah 7 Mei – 8 Juni 2018 atau kurang lebih satu bulan ke depan, sangat mepet. Oleh karena itu, pembahasan selanjutnya di artikel ini memfokuskan kepada tahap pertama beasiswa dalam negeri, yaitu tahap pendaftaran dan submit dokumen.

Prosedur Pendaftaran

  1. Pendaftar mengisi formulir pendaftaran secara online pada laman resmi LPDP;
  2. Pendaftar melengkapi semua dokumen persyaratan serta dokumen pendukung yang relevan, dan mengunggah semua dokumen tersebut pada laman resmi LPDP;
  3. Semua dokumen pada poin di atas wajib dibawa pada tahap seleksi substansi bila dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Fokus pada tahap pertama dulu, seleksi dokumen

Persyaratan Dokumen

  1. Surat pernyataan diri bermaterai. Berisi delapan poin yang harus disetujui oleh pelamar LPDP
    Pernyataan Bahwa
    1. Bersedia kembali ke Indonesia setelah selesai studi,
    2. Tidak sedang menerima/akan menerima beasiswa dari sumber lain,
    3. Tidak terlibat dalam aktivitas/tindakan yang melanggar hukum, atau mengikuti organisasi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila,
    4. Tidak pernah/akan terlibat dalam aktifitas/tindakan yang melanggar kode etik Akademik,
    5. Selalu mengabdi untuk kepentingan bangsa Indonesia,
    6. Selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia,
    7. Sanggup memenuhi ketentuan beasiswa yang ditetapkan LPDP,
    8. Menyampaikan data dan dokumen yang benar, sesuai dokumen asli serta bersedia menerima sanksi hukum yang berlaku apabila dokumen tersebut tidak sah.
    Format surat pernyataan tersedia di booklet panduan pendaftaran LPDP yang tercantum disini.
  2. Surat keterangan berbadan sehat dan bebas dari narkoba, berlaku untuk semua pendaftar BPI Reguler. dikeluarkan oleh dokter dari Rumah Sakit Pemerintah; Puskesmas; atau Klinik Pemerintah dengan masa berlaku paling lama6 (enam) bulan .
    Uruslah sekarang
  3. Surat rekomendasi dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja, atau rekomendasi dari atasan bagi yang sedang bekerja;LPDP sudah menyediakan format surat rekomendasi beserta yang bisa didownload disini.
Tips untuk meminta surat rekomendasi bagi yang belum bekerja
  • Hubungi dosen yang benar2 mengetahui track record kita selama di kampus (bisa Dosen PA, Dosen Pembimbing Skripsi, Dosen yang pernah bekerja sama dengan kita atau Ketua Jurusan dan Dekan).
  • Minta surat rekomendasi ke Dekan atau Kajur bakal meningkatkan penilaian kita di mata reviewer lho. Untuk kasus mencari sekolah di luar negeri, bagi mereka, nggak mudah mendapatkan rekomendasi dari Dekan/Kajur, only the selected ones lah yang bisa dapat rekomendasi dari Dekan/Kajur.
  • Buatlah draft surat rekomendasi (menurut kita sendiri, dari sudut pandang penilaian orang lain) sebelum menghadap ke Dosen. Dosen juga manusia lah ya, nggak mungkin beliau mengingat pencapaian kita apa aja bla bla bla. Nah dengan adanya draft ini akan sedikit membantu Dosen mereview ulang memori tentang kita *salahfokus*.

Baca : Panduan Menyusun Surat Rekomendasi Beasiswa LPDP

  1. Khusus pendaftar dari PNS, TNI, dan POLRI harus mendapatkan surat izin dari unit yang menangani SDM atau Kepegawaian untuk mengikuti seleksi beasiswa LPDP.LPDP sudah menyediakan format surat rekomendasi beserta booklet panduan pendaftaran yang bisa didownload disini.
  2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,0 pada skala 4 yang dibuktikan dengan melampirkan transkrip nilai.Silakan scan ijazah dan transkrip nilai kamu dan simpan hasil scan dalam bentuk PDF dan JPEG.
  3. Pendaftar Magister Dalam Negeri harus memiliki dokumen resmi bukti penguasaan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org) atau IELTS (www.ielts.org) dengan skor sekurangkurangnya TOEFL ITP® 500; TOEFL iBT® 61; IELTS™ 6,0; TOEIC® 650;atau TOAFL 500 bagi program studi dan/atau Perguruan Tinggi Islam yang mensyaratkan TOAFL sebagai syarat masuk.Silakan scan sertifikat hasil tes bahasa Inggris  kamu dan simpan hasil scan dalam bentuk PDF dan JPEG.
  4. Menulis rencana studi sesuai program studi magister pada perguruan tinggi tujuan.LPDP sudah menyediakan format rencana studi. Download langsung di web LPDP disini.

    Baca : Panduan Menyusun Rencana Studi LPDP Dalam Negeri

  5. Menulis Statement of Purpose paling banyak 1.000 kata yang menjelaskan rencana kontribusi yang telah, sedang dan akan dlakukan untuk masyarakat, lembaga, instansi, profesi, atau komunitas.LPDP sudah menyediakan format rencana studi. Download langsung di web LPDP disini.

    Baca : Menulis Statement of Purpose Dalam Bahasa Indonesia Untuk Beasiswa LPDP Dalam Negeri

 

Tahapan Seleksi Administrasi

Seleksi Administrasi dilakukan dengan memeriksa kelengkapan dokumen dan persyaratan lainnya.Pemeriksaan kelengkapan dokumen dan persyaratan lainnya dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Tim penyeleksi administrasi melakukan verikasi dan validasi terhadap kelengkapan dan kecocokan berkas pendaftaran berdasarkan persyaratan yang ditetapkan.
  2. Pendaftar yang dokumennya tidak memenuhi persyaratan dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi.
  3. Pendaftar yang dokumennya telah memenuhi persyaratan dinyatakan lulus administrasi dan berhak mengikuti proses Seleksi Berbasis Komputer;
  4. Pendaftar yang lulus seleksi administrasi akan ditetapkan melalui Keputusan Direktur Utama LPDP.
  5. Informasi pendaftar yang lulus atau tidak lulus seleksi administrasi disampaikan melalui akun pendaftaran online masing-masing pendaftar.
  6. Pendaftar yang belum memenuhi syarat administrasi pada pendaftaran online diperbolehkan mendaftar kembali.
  7. Pendaftar yang telah lulus seleksi administrasi ditetapkan peserta Seleksi Berbasis Komputer.

Fokuslah untuk mempersiapkan dokumen. Waktu tidak banyak, hanya ada satu bulan yaitu 7 Mei – 8 Juni 2018. Setelah semua dokumen siap, baru pikirkan tahap kedua.

Tips

  • Segera siapkan seluruh berkas asli yang dibutuhkan dan letakkan dalam 1 folder khusus. Simpan baik baik semua dokumen ini, karena jika lolos seleksi, kamu harus bisa menunjukkan
  • Apabila kamu belum lulus / belum keluar ijazah, segera minta cetak transkrip nilai ke administrasi fakultas. Beasiswa LPDP sangat populer dan banyak yang mengincar, termasuk temanmu. Besok adalah hari terbaik untuk meminta transkrip nilai agar segera diproses
  • Apabila belum sempat tes TOEFL, segera hubungi seluruh penyedia tes TOEFL resmi dan daftarkan dirimu ke jadwal terdekat maksimal 2 minggu ke depan atau 25 Mei untuk mengejar deadline submit dokumen pada tanggal 8 Juni. Proses cetak sertifikat TOEFL bervariasi antara satu tempat dengan yang lain, ada yang 1 minggu bahkan 2 minggu.
    Jadwal tes TOEFL ITP seluruh indonesia bisa dilihat disini
    https://www.yec.co.id/category/toefl/biaya-jadwal-lokasi/
  • Scan semua dokumen yang diperlukan dalam format PDF dan JPEG sekaligus, jaga jaga agar sesuai format yang dibutuhkan. Pastikan ukurannya kecil (kurang dari 1MB per dokumen) agar proses upload cepat dan tidak terpotong di tengah jalan.
  • Mendaftarlah secepat mungkin. Begitu semua berkas ada, jangan tunda. Mendaftar di minggu terakhir sangat rawan ada gangguan teknis, terutama karena server website ngadat akibat terlalu banyak yang akses bersamaan. Itu sangat membuat frustasi.
  • Simpan baik baik semua dokumen asli. Taruh di tempat yang aman. Apabila kost, pisahkan tempat menyimpan dokumen dari laptop atau barang berharga. Jika tidak urgent, jangan bawa dokumen tersebut bepergian. Kita tak pernah tahu kapan ada kejadian apes seperti maling masuk ke kamar kost atau tas kamu dicuri saat sholat di musholla atau maling memecah kaca mobil dan mengambil tas mu. Apabila harus bepergian naik bus, kereta api atau angkutan umum lain, selalu peluk tas mu dan bawa kemanapun, bahkan saat ke kamar kecil atau tidur. Sedikit paranoid tidak apa-apa daripada menyesal.Kamu wajib menunjukkan dokumen asli pada tahap selanjutnya, jika tidak bisa maka kamu akan gugur. Sayang banget bukan?
    Avoid any mistake at all cost
  • Selalu simak website LPDP untuk informasi terbaru. Jika ada pertanyaan, sampaikan ke kontak hotline telepon atau email yang disediakan LPDP agar pertanyaanmu memperoleh jawaban yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Sayangnya, website LPDP sering down karena peminat sangat banyak

Selamat berburu beasiswa LPDP. Good luck, victory loves preparation!

Beasiswa LPDP Dalam Negeri 2018
4.4 (88.57%) 14 votes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.