7 Tips Mengirim Lamaran via Email yang Baik

Apakah kamu mencari tahu tentang:

  • Tips mengirim lamaran via email
  • Lamaran via email
  • Tata cara mengirim lamaran via email
  • cara mengirim lamaran lewat email yang baik dan benar

Dewasa ini, banyak perusahaan yang ketika melakukan rekrutmen tidak lagi meminta para pelamar untuk mengirimkan lamarannya dalam bentuk fisik, melainkan dalam bentuk digital.

Umumnya, untuk perusahaan skala menengah, meminta para pelamar mengirimkan lamarannya ke alamat email suatu perusahaan.

Perubahan ini sebenarnya sudah sejak lama diterapkan, tetapi dalam pelaksanaannya ternyata masih banyak pelamar yang belum mengetahui tata cara pengiriman lamaran melalui email yang baik, yang memenuhi tata cara kesopanan yang tetap perlu untuk dijaga.

Materi kali ini, akan membahas mengenai tips tentang tata cara mengirim lamaran via Email. Scroll down.

Tips Mengirim Lamaran via Email

Ketika kamu diminta untuk mengirim lamaran melalui email, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan supaya lamaranmu mudah diakses oleh HRD dan pastinya akan membuat lamaran kamu di notice daripada lamaran lain yang tidak memperhatikan hal-hal di bawah ini.

Berikut ini merupakan hal-hal yang wajib kamu lakukan ketika mengirim surat lamaran melalui email.

 

  1. File Berkas Lamaran Tidak Lebih dari 1 MB

    Ketika mengirim lamaran melalui email, pastikan file berkas lamaran kamu tidak lebih dari 1 MB ukurannya. Kenapa ukuran maksimal adalah 1 MB? Hal tersebut berhubungan dengan kemudahan dari HRD untuk mengunduh file lamaran kamu. Jika file berkas lamaran kamu dalam ukuran besar, hal tersebut akan menyita waktu HRD ketika akan mengunduhnya.

    Terlebih, file kurang dari 1 MB sangat mudah untuk diunduh, tidak menghabiskan banyak kuota.

  2. Jangan mengirim berkas lamaran dalam format zip/rar

    Pengiriman file lamaran dalam bentuk zip/rar dapat menambah pekerjaan HRD, karena harus meng extract file zip/rar tersebut. Selain buang waktu dan tidak efisien, bisa saja HRD malas untuk membuka file bentuk ini dan hanya menskip lamaran kamu. Hati-hati kalah sebelum perang.

  3.  Lampirkan dalam bentuk PDF

    Dalam pengiriman file lamaran pekerjaan, bentuk file yang paling ideal adalah bentuk PDF. Disebut bentuk file paling ideal karena file jenis ini hampir dapat dibuka dan diakses di semua device.
    Kalau disimpan di bentuk microsoft word, belum tentu kantor HRD memiliki microsoft word. Bisa saja kantor menggunakan Linux karena open source (gratis)

     

  4. Penamaan berkas harus jelas

    Penamaan berkas juga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dengan seksama. Sebaiknya penamaan berkas ditulis dengan nama pelamar dan isi dari berkas tersebut.
    Format ideal adalah : tipe berkas_nama kamu

    contoh: CV Ananda, Surat Lamaran Ananda, (Jangan CV Fix)

  5.  Pastikan subject email sesuai dengan ketentuan

    Subjek email merupakan bagian yang tidak boleh kosong. Kadang perusahan menentukan subject email, tetapi jika tidak ada ketentuan, subjek email umumnya ditulis dengan nama posisi dan waktu lamaran dibuka.

    contoh: Ananda_Lowongan Februari_Customer Service

  6. Badan email jangan sampai kosong

    Badan email merupakan bagian email dimana pesan ditulis. Disini kamu bisa menjelaskan sedikit mengenai perkenalan diri, maksud, dan lampiran yang kamu sertakan.

    contoh isi dari badan email:

  7. Gunakan email yang profesional

    Semua orang itu pernah alay. Itu adalah fase hidup. Tapi saat melamar kerja, kamu harus profesional. Gunakan alamat email yang tidak berlebihan. Gunakan alamat email dengan nama saja.

    Contoh:

    Jangan gunakan email seperti : [email protected]

    Tapi gunakanlah email seperti :
    [email protected] / [email protected] / [email protected]

    Nah, itu tadi merupakan 7 (tujuh) tips mengirim lamaran via email yang dapat kamu ikuti. Selanjutnya untuk menguji pemahamanmu tentang tips mengirim lamaran melalui email, kerjakan latihan soal berikut ini.

1. Berikut merupakan hal-hal yang harus diperhatikan ketika mengirim lamaran melalui email, kecuali

2. Lampiran dalam bentuk PDF sangat disarankan karena....

3. Manakah penamaan berkas yang dapat menunjang file lamaran pelamar?

4. Mengapa file berkas lamaran tidak boleh lebih dari 1 MB?

5. Manakah yang merupakan subjek email yang baik?


 

4.4/5 - (22 votes)

Share :

8 thoughts on “7 Tips Mengirim Lamaran via Email yang Baik”

  1. kak, dipenjelasan kan dilarang mengirim dalam bentuk rar. nah berarti ngirim filenya itu satu satu kah ka dalmam sekali ngirim? semisal kalau dibuat folder yang berisi beberapa file itu tidak cukup

    1. EPOT Magang

      halo kak, jam yang tepat untuk mengirim email lamaran kerja adalah pada waktu jam kerja ya jangan saat hari libur maupun di luar jam kerja. Jika jam kerja kantor dari jam 8.00-17.00 maka kamu bisa mengirimkan email pada pukul 9.00-11.00 dan 14.00-15.00.

      Semoga ini menjawab pertanyaan kakak ya.

  2. Tips melamar pekerjaan dengan via email ini sangat membantu jika kita ingin mencari pekerjaan dan menggunakan tips ini sangat membantu dan cara tidak terlalu ribet

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kenali kemampuan Bahasa Inggrismu sekarang! GRATIS! Quick English Test

x