Cara Mencari Lowongan Kerja dari HP-mu

  • Kamu cuma punya HP buat nyari loker?
  • Tapi ngga tau dimana nyari lowongan kerja pake HP?

Ada banyak situs ataupun aplikasi yang bisa kamu gunakan. Apakah kamu sudah tahu? Bila belum tahu, kamu bisa baca lebih lengkapnya di artikel ini. Nah sekarang, daripada kamu pake HP-mu hanya untuk main MOBA atau pesen minuman BOBA, yuk pakai juga untuk mencari lowongan kerja impianmu!

  1. Website Lowongan Kerja

    Cukup menggunakan koneksi internet dan browser HP-mu, ada banyak situs lowongan kerja yang bisa kamu gunakan. Mulai dari JobStreet, JobsDB, Kalibrr, Qerja, Urbanhire, Karir.com, Upgrad.id, Glints, hingga Indeed. Kamu pasti sudah familiar dengan sebagian besar situs ini.

    Tampilan situs Qerja.com

    Nah, semua situs prosedurnya hampir sama. Kamu perlu membuat akun, lalu melamar atau apply lowongan kerja lewat situs tersebut. Nah, nanti kamu bisa mengecek notifikasi dari email terkait status lamaranmu.

  2. Portal Karir Kampus

    Setiap kampus punya lembaga pengembangan karir sendiri-sendiri. Misalnya CDC UI, CDC Unpad, ECC UGM, dan seterusnya. Nah, kamu bisa memanfaatkan portal karir kampus untuk mencari lowongan pekerjaan yang tepat bagimu.

    Tampilan situs ECC UGM

    Terus gimana kalo kampusmu ngga punya portal karir? Tenang brosis, meskipun kamu bukan anak kampus terkait, kamu bisa tetap menggunakan portal karir kampus lain. Beberapa portal cuma bisa mencari iklan lowongan saja, namun ada juga yang bisa bikin akun member lalu kamu bisa mendaftar lowongan yang tersedia.

  3. Website DISNAKER

    Bila kamu mencari iklan lowongan kerja yang disediakan oleh pemerintah, kamu bisa mengecek situs dinas tenaga kerja (disnaker) daerahmu. Baik itu dinas tingkat kabupaten, kota, ataupun provinsi. Beberapa disnaker bahkan sudah memiliki akun Instagram dan Facebook.

    Tampilan situs Disnaker Kota Semarang

    Bila kamu tidak tahu situs disnaker di tempatmu, kamu bisa mencarinya di Google dengan kata kunci “Disnaker + nama daerah”. Sebagai contoh untuk mencari di Kota Semarang, maka cukup ketikkan disnaker Semarang di Google.

  4. OLX Loker

    Mimin juga baru tahu lho kalo OLX bisa dipakai untuk mencari lowongan kerja. Biasanya Mimin cuma pakai OLX untuk cari barang bekas.

    Tampilan situs OLX bagian Jasa & Lowongan

    Nah, kamu bisa memanfaatkan OLX untuk mencari atau menawarkan jasa, hingga mencari dan mengiklankan lowongan pekerjaan. Jangkauan OLX juga sangat luas, kamu bisa mencari informasi loker hampir di seluruh wilayah Indonesia dengan. Cukup ketikkan loker yang kamu butuhkan di kolom pencarian lalu pilih filter lokasi yang kamu inginkan.

  5. Facebook

    Media sosial Facebook, selain untuk reuni teman SD hingga SMA, juga bisa untuk mencari lowongan pekerjaan lho. Bila kamu pake Facebook cuma buat kepoin forum jual beli, wah sayang banget.

    Tampilan situs Facebook untuk mencari loker

    Di Facebook ada banyak grup yang berbagi informasi lowongan pekerjaan. Ada grup info loker kedaerahan, BUMN, CPNS hingga loker nasional. Semua posisi pekerjaan bisa dicari mulai dari baik part-time ataupun pegawai tetap. Mulai dari penjaga konter, staf admin hingga management trainee. Selain lewat grup, kamu juga bisa mencari lowongan kerja di Facebook Marketplace. Tersedia beragam jenis pekerjaan yang bisa kamu temukan lewat kolom pencarian.

  6. Instagram

    Sama seperti Facebook, media sosial Instagram juga banyak menyediakan informasi lowongan kerja. Mulai dari perusahan-perusahaan besar, BUMN, bank, hingga informasi CPNS bisa kamu temukan dengan mudah.

    Tampilan aplikasi Instagram untuk mencari loker

    Kamu bisa mencari informasi lowongan kerja dari loker kota masing-masing dengan kata kunci “info loker + kota”. Misal lokerjogja, infolokerbandung, dst. Ada juga info loker yang berskala nasional seperti lokernas, forumhumancapitalindonesia, dsb. Kamu juga bisa menemukan informasi lowongan kerja menggunakan hashtag atau tanda pagar seperti #loker, #infoloker, #lokerbumn, dll.

  7. Twitter

    Meskipun tidak sebanyak Facebook dan Instagram, kamu masih bisa menemukan informasi lowongan kerja di Twitter lewat akun-akun tertentu.

    Tampilan aplikasi Twitter untuk mencari loker

    Hampir sama seperti Instagram, kamu bisa menggunakan hashtag #loker atau follow/mengikuti akun berbagi informasi kedaerahan seperti infobdg, jogjaupdate, dll., yang terkadang berbagai informasi lowongan kerja. Lembaga resmi pemerintah pun banyak yang memiliki akun resmi Twitter seperti Badan Kepegawaian Negara, yang aktif lewat akun @BKNgoid.

  8. LinkedIn

    Selain sebagai etalase profil kerja profesionalmu dan untuk menambah koneksi kerjamu, kamu bisa memanfaatkan LinkedIn untuk mencari pekerjaan impian. Bila kamu sudah memiliki koneksi yang cukup dan mengisi profil dengan lengkap, kamu akan mendapatkan notifikasi rutin terkait pekerjaan yang tersedia untukmu.

    Tampilan situs LinkedIn untuk mencari loker

    Kamu bisa juga membuat dirimu available atau terbuka menerima perekrutan sehingga pihak perusahaan atau HRD akan mengirimkan tawaran. Bila kamu ingin mencari sendiri, kamu bisa memanfaatkan pencarian lowongan kerja yang tersedia. Kamu bisa mendaftar langsung memanfaatkan informasi yang sudah kamu isikan di profil LinkedInmu.

  9. Google

    Sebagai sumber segala informasi, kamu tentu sudah biasa menggunakan Google bukan? Tinggal memberikan kode “Hey Google” atau “Ok Google” dari HP-mu, kamu tinggal ngomong informasi lowongan apa yang ingin kamu cari.

    Tampilan Google untuk mencari loker

    Selain informasi lowongan kerja, kamu bisa mencari juga informasi jobfair terbaru dan terdekat dengan kotamu sehingga kamu bisa berburu loker terbaru yang dekat tempat tinggalmu.

Nah, dengan kemudahan internet, janganlah malas untuk mencari tahu beragam informasi dari berbagai situs dan media sosial yang ada. Namun, kamu juga perlu waspada terhadap informasi loker palsu, abal-abal atau fake. Sudah banyak yang menjadi korban penipuan lowongan kerja palsu. Kamu bisa mengenali ciri-ciri lowongan kerja palsu di artikel ini >.

Kunci untuk mendapatkan pekerjaan impian sebenarnya sederhana. Kamu hanya perlu melakukan hal-hal berikut

  1. Rajin mencari informasi
  2. Menyiapkan CV terbaik
  3. Menyiapkan surat lamaran
  4. Menyiapkan berkas lowongan kerja 

Kamu bisa klik link masing-masing artikel, Mimin sudah siapkan loh tips-tipsnya buat kamu.

Semoga tips di atas membantu kamu menggunakan HP-mu untuk mencari lowongan impian ya.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kenali kemampuan Bahasa Inggrismu sekarang! GRATIS! Quick English Test

x
Scroll to Top