Beberapa Situs Lowongan Kerja

Kamu pencari kerja?Lagi cari situs lowongan kerja? Yang terpercaya tapi gratis? Atau situs yang resmi dan terbaik di Indonesia? Lebih suka situs yang memberi pekerjaan di daerahmu tinggal?

Mimin punya solusinya untuk segala pertanyaan kamu diatas. Artikel ini membahas 11 situs lowongan kerja di Indonesia yang resmi, terpercaya dan paling penting gratis. Yuk, disimak.

  1. Jobstreet

    Siapa yang pernah dapat email dari Lina Jobstreet? Atau malah nyaris setiap hari dapet notif dari kak Lina jobstreet? Kalo mimin sih sampe subscribe nih soalnya bisa tiap hari ketika cek hape isinya notif dari kak Lina. 

    Teruntuk kamu pencari kerja, kamu akan membutuhkan notif dari kak Lina yang satu ini. Jobstreet ini menyediakan ribuan lowongan pekerjaan lho dan caranya gampang banget, kamu bisa langsung akses situs jobstreet.co.id. Setelah itu tinggal masukan kata kunci yang kamu inginkan, misal social media specialist. Berikut ini contoh tampilan jobstreet:

    Nah, buat anak muda pengguna smartphone juga bisa banget langsung download Jobstreet mobile app di play store atau app store. Apabila kamu belum mendapatkan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bidangmu dalam sekali akses, kamu juga bisa berlangganan atau subscribe nih kayak mimin, sehingga jobstreet akan memberimu notifikasi apabila terdapat lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bidangmu.

  2. JobsDB

    Bagaimana dengan jobsDB? JobsDB ini hampir sama dengan Jobstreet baik dari segi tampilan maupun fitur. Cara mengaksesnya pun sama, akan ada fitur pencarian dan kamu tinggal masukin aja tuh kata kuncinya. Tapi kamu perlu tau, jobsDB ada kelebihan lain yaitu situs ini menyediakan tips-tips tentang dunia kerja yang bisa menjadi bahan bacaan bagi para pencari kerja dengan kategori yang beragam. Lumayan, kan? Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui…cari kerjaan sambil belajar tips-tips melamar kerja. Mimin juga sering lho dapet tips-tips masalah karir dari JobsDB dikirim langsung ke email kamu. Gini nih, tampilannya JobsDB:

  3. Karir.com

    Nah, kalau Karir.com tahu gak nih? Karir.com ini asli dari Indonesia lho.. Seperti yang lain, karir.com memiliki fasilitas pencarian pekerjaan berdasarkan jabatan, nama perusahaan maupun kategori bidang yang kamu ingin lamar. Bahkan karir.com menyediakan serangkaian tes pada beberapa bidang pekerjaan. Apabila lolos, kamu akan langsung dihubungi oleh perusahaan yang dituju untuk ke tahap tes selanjutnya.

  4. Kalibrr

    Nah yang ini sih pasti populer banget di kalangan pemburu instansi pemerintahan. Apa kamu salah satunya?

    Portal yang satu ini menggabungkan rekrutmen berbasis AI dan layanan employer branding untuk membantu perusahaan menunjukkan nilai-nilai mereka, menarik kandidat tepat, dan merealisasikan proses yang mulus. Kalibrr menyediakan rangkaian tes juga yang harus diikuti oleh para pelamar untuk membantu HRD dalam proses rekrutmen. Dengan teknologi AI yang dihadirkan oleh Kalibrr, proses pencarian lowongan kerja menjadi lebih akurat dan portal yang diberikan lebih premium sehingga kandidat dapat di review langsung oleh perekrut Kalibrr. Keren kan?  Kalibrr sudah bekerjasama dengan kurang lebih 300 perusahaan besar dan terpercaya lho.

  5. Urbanhire

    Selanjutnya ada urbanhire,

    Nah, kalau urbanhire ini merupakan portal pencarian kerja baru yang ingin memecahkan masalah perekrutan karyawan secara online melalui aplikasi berbasis web. Urbanhire mengumpulkan berbagai lowongan pekerjaan dari banyak sumber yang berbeda. Hal ini membantu kamu pencari kerja tidak perlu merasa repot mencari jenis pekerjaan yang setipe di situs-situs lain. Urbanhire juga menyediakan tips-tips karir bagi para karyawan atau pencari kerja, hampir sama dengan jobsDB sih yaa… Uniknya, Urbanhire menyediakan tes bahasa Inggris sebagai bahan penilaian perusahaan.

  6. Qerja

    Portal selanjutnya nih namanya Qerja. Qerja menampilkan lowongan-lowongan pekerjaan yang menarik untuk dikunjungi jika kamu membutuhkan pekerjaan baru. Fitur yang menarik dari Qerja adalah kamu bisa membaca dahulu review dari orang-orang yang pernah bekerja di perusahaan yang akan kamu tuju, sehingga kamu memiliki gambaran mengenai budaya dan etos kerja di perusahaan tersebut. Yang menarik, Qerja memiliki fitur untuk melihat gaji yang ditawarkan pada setiap perusahaan atau pekerjaan yang dilamar. Wow, bisa ceki ceki dulu nih gaji nya sesuai dengan standar kamu atau tidak.

  7. Upgrad.id

    Kalau yang satu cukup familiar sih untuk mahasiswa UGM atau alumni, yaitu upgrad.id. Upgrad.id merupakan program rebranding dari PT.ECC. Bahkan PT.ECC sudah merambah nasional sih, tidak hanya kalangan UGM saja. Situs ini menampilkan informasi karir serta proses rekrutmen oleh perusahaan. Selain melalui situsnya, PT.ECC juga sering menghadirkan berbagai program karir yang bisa diikuti oleh para pencari kerja lulusan baru maupun yang sudah profesional, di antaranya adalah job fair Career days UGM, CEO Talk, Career Workshop, dan yang lainnya. Hayooo siapa yang udah pernah ke salah satu eventnya?

  8. Glints

    Lanjut yuk,bagi kaum milenial mungkin kenal dengan platform satu ini yaitu glints.

    Keunggulan Glints adalah menyediakan fitur Live Career Consultations yang diharapkan fitur ini dapat membantu para pencari kerja berkonsultasi seputar karir, misal bagaimana membuat CV yang baik, hingga tips wawancara kerja. Glints juga menawarkan lowongan untuk magang dan  karyawan paruh waktu. Glints berupaya membantu anak muda untuk mengembangkan keterampilannya tidak semata-mata hanya untuk mencari kerja. Selain itu, Glints juga memiliki fitur Dynamic Career and Skill Path Explorer yang berguna untuk mencari softskill yang dibutuhkan untuk suatu bidang yang ingin kamu tekuni. Kamu anak muda masa kini? Udah pernah akses Glints belum? Buruaann…

  9. Indeed

    Selanjutnya, ada portal bernama Indeed nih. Masih sama dengan portal lainnya, Indeed juga menawarkan ribuan pekerjaan kepada ribuan penggunanya. Indeed memiliki kelebihan dengan menawarkan fitur-fitur untuk melihat gaji dari perusahaan yang kamu tuju, termasuk kamu juga bisa melihat ulasan tentang perusahaan. Jika kamu ingin mengakses Indeed, kamu perlu membuat akun dan mengunggah CV kamu, bahkan kamu bisa membuatnya langsung di situs Indeed. Kayak gini nih tampilannya,

  10. Portal Karir Kampus

    Next, kamu bisa juga nih pantengin portal karir kampus-kampus di Indonesia. Biasanya setiap universitas memiliki situs resmi masing-masing dan di setiap situsnya akan menyediakan fitur daftar lowongan kerja. Nah, kamu bisa nih cek situs kampus mu atau kampus lain untuk melihat daftar lowongan pekerjaan yang tersedia, misal https://karir.itb.ac.id/, http://cdc.ui.ac.id/

    Beberapa universitas mewajibkan untuk menjadi member portal karirnya untuk mendapatkan notif lowongan pekerjaan terbaru.

  11. DISNAKER Kota Kamu atau Kota Tetangga

    Yang terakhir nih, apakah kalian cukup familiar dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) di daerah kalian? Pernah coba cek situs nya? Yang terakhir ini bisa menjadi salah satu opsi bagi kalian untuk mencari lowongan kerja.

    Kalian bisa coba temukan daftar lowongan kerja di situs disnaker yang kamu tuju. Disnaker di suatu daerah akan menampilkan daftar lowongan kerja yang ada di daerah setempat. Kalau bingung, kamu bisa search disnaker yang kamu mau di Google.

Haruskah kamu mendaftar menjadi member dari semua situs tersebut untuk memperoleh lowongan kerja yang kamu idamkan? Tentunya tidak masalah, sebagai seorang pencari kerja lebih bagus untuk mencari peluang atau kesempatan di manapun. Apalagi didukung dengan semakin banyaknya situs-situs yang bisa kamu akses untuk mencari lowongan pekerjaan atau perusahaan yang cocok dengan bidang kamu.

Share :

3 thoughts on “Beberapa Situs Lowongan Kerja”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kenali kemampuan Bahasa Inggrismu sekarang! GRATIS! Quick English Test

x
Scroll to Top