Hal Yang Dilakukan Karyawan Baru di Bulan Pertama Kerja

Setelah dinyatakan diterima sebagai karyawan baru di sebuah perusahaan, pasti akan ada perasaan bingung dibenakmu. Kamu pasti akan berusaha memberikan kesan terbaik, beradaptasi dengan mudah dan tentunya akan mendapat penilaian yang baik dari semua komponen di lingkungan kerja. Terlebih untuk kamu yang baru pertama kami terjun di dunia kerja, pasti hal tersebut tidak mudah.

Tenang saja disini admin akan membagikan beberapa hal yang bisa kamu lakukan di bulan pertama bekerja.

Belajar banyak hal dari rekan kerja

Banyak kemungkinan yang terjadi sebagai karyawan baru, terutama bagi kamu fresh graduate yang belum pernah masuk ke dunia kerja. Tak sedikit akan ada yang mengalami kesulitan untuk beradaptasi di lingkungan baru. Tugas yang banyak dan belum kamu mengerti pasti akan membuatmu stres bahkan muncul keinginan untuk resign. Kamu bisa mengatasi kepanikan ini dengan belajar dari rekan kerja. Jangan malu bertanya dengan rekan kerjamu apabila kamu belum paham ataupun mengalami kesulitan. Pada akhirnya kamu akan mengerti terbiasa dengan pola kerja, bahkan bisa menerapkan pola kerja yang lebih baik.

Komunikasi dengan senior

Seniormu di tempat kerja adalah orang yang disegani. Tentunya mereka akan senang jika kamu menghormatinya. Maka tidak ada salahnya memperbanyak komunikasi dengan senior. Justru hal ini penting untuk kamu lakukan terlebih di awal kamu bekerja. Dengan ini maka di bulan-bulan selanjutnya, akan ada keakraban yang terjalin dan mitos mengenai gap antara senior dan junior akan hilang. Menjalin hubungan baik dengan senior juga akan membuatmu mendapat pengetahuan mengenai konsep bekerja di perusahaan tersebut.

Mengembangkan potensi diri

Setelah memahami pola kerja di perusahaan, kamu tentunya bisa mengembangkan potensi yang kamu miliki. Misalnya kamu bisa mengembangkan keterampilan komunikasimu. Sehingga kamu bisa berkomunikasi lebih efektif dengan rekan kerja. Namun perlu diingat bahwa kamu tetap harus fokus semaksimal mungkin pada pekerjaan yang menjadi tanggung jawabmu. 

Memperluas jejaring sosial

Menjalin dan memperluas jejaring sosial dengan rekan kerja adalah salah satu hal penting yang dilakukan karyawan di dunia kerja. Memperluas jejaring sosial artinya tidak hanya dengan orang-orang di lingkunganmu saja. Tapi kamu bisa memperluasnya dengan koneksi dari departemen lain, tentunya. Misalnya kamu dari departemen produksi, kamu bisa menjalin hubungan kerja yang baik dengan rekan kerja dari departemen penjualan untuk memperluas jejaring sosialmu.

Semoga tips yang admin bagikan ini bisa bermanfaat ya, agar kamu tidak lagi panik di lingkungan kerjamu yang baru.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kenali kemampuan Bahasa Inggrismu sekarang! GRATIS! Quick English Test

x
Scroll to Top