Cara Mengirim Lamaran Kerja Langsung/ Via Ekspedisi

0
94

Baru pertama kali mengirim lamaran kerja via ekspedisi? Apa bisa mengirim lamaran kerja lewat JNE, TiKi, Kantor pos? Gimana sih tata cara mengirim lamaran kerja lewat ekspedisi yang baik?

Artikel ini akan membantu kamu mengenali tahap-tahap yang perlu dilakukan untuk melamar kerja via ekspedisi. Apa aja sih? Yuk disimak.

  1. Pertama, kalian harus mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan oleh instansi/perusahaan yang kalian tuju. Kalian bisa mempersiapkan berkas-berkas tersebut dalam bentuk fotokopi dan pastikan sudah dilegalisir. Contoh berkas yang bisa kalian sediakan; CV, surat lamaran kerja, fotokopi KTP, fotokopi ijazah dan transkrip nilai, pas foto, dll.

  2. Perhatikan urutan berkas. Dimulai dari paling depan

      1. Surat Lamaran
      2. CV + Pas Foto. Atau sesuai ketentuan. Jika disuruh melampirkan foto, maka masukkan ke plastik
      3. FC Berkas Pendukung
  3. Kemudian, siapkan amplop untuk menaruh berkas-berkas tersebut. Disarankan kalian menggunakan amplop berwarna coklat agar terlihat sopan dan resmi serta gunakanlah amplop yang besar sesuai dengan ukuran berkas kalian sehingga rapi dan tidak terlipat.

  4. Jika sudah dimasukkan semua berkas ke dalam amplop, kalian bisa lanjut menulis alamat kalian sebagai pelamar dan alamat perusahaan yang kalian lamar.
    Untuk alamat kalian, kalian bisa menulis dengan rincian; nama, alamat domisili, nomor hp, alamat email. Kalian bisa mencantumkan juga jabatan yang kalian lamar. Untuk alamat perusahaan, kalian bisa tulis dengan rincian berikut; nama perusahaan, alamat perusahaan. Usahakan untuk menulis alamat perusahaan dengan lengkap dan tepat sehingga berkas kalian sampai ke alamat yang dituju. Kalian bisa menulis dengan contoh format berikut.


  5. Sebelum kalian mengirimkan berkas tersebut, sebaiknya kalian cek kembali dokumen-dokumen di dalamnya apakah sudah sesuai dengan persyaratan yang diinginkan atau belum. Jika kalian sudah yakin dokumen-dokumen kalian lengkap, kalian bisa menyerahkan langsung berkas kalian ke perusahaan yang kalian tuju atau mengirimkannya via ekspedisi, seperti Tiki, JNE, kantor pos, J&T, dll.

  6. Jika kalian mengirimkan via ekspedisi, setelah kalian serahkan kepada pihak ekspedisi, kalian bisa melacak pengiriman berkas kalian secara daring melalui website ekspedisi yang kamu gunakan.

Masih bingung bagaimana melamar kerja jika harus mengirimkannya secara langsung? Tentu tidak kan. Mengirimkan dokumen lamaran kerja akan sangat mudah jika kalian mengetahui tahap-tahapnya. Setelah itu, tentunya kalian perlu tahu persiapan apa aja sih yang harus dilakukan untuk menghadapi interview, bisa langsung di simak lho di artikel berikutnya. Jadi jangan malas untuk mencari ilmunya ya.

Apakah artikel ini bermanfaat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.