Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Interview

0
129

Apakah kamu akan tes wawancara kerja?

Bingung apa saja yang perlu dipersiapkan?

Takut kalau kamu melakukan persiapan yang salah?

Setelah mengirim lamaran pekerjaan, hal yang paling kamu tunggu-tunggu adalah mendapatkan kabar interview. Interview atau wawancara dilakukan untuk menggali kemampuan, keterampilan dan motivasi kerja yang dimiliki oleh kandidat karyawan baru. Sehingga wawancara kerja ini menjadi salah satu faktor penentu nasibmu apakah akan diterima atau ditolak. Maka sebaiknya kamu mempersiapkan wawancara tersebut dengan sebaik mungkin dan jangan hanya berdiam diri dan penuh kecemasan.

Tenang, tak perlu khawatir karena di artikel ini, admin akan membahas beberapa hal yang harus kamu siapkan saat menghadapi interview.

  1. Perhatikan Penampilan

    Ketika akan menghadiri tes wawancara, hal yang perlu kamu persiapkan yaitu penampilanmu. Hal ini penting karena penampilanmu memberikan kesan pertama bagi pewawancara tentang kepribadianmu. Maka pastikan kamu tidak salah dalam menentukan pakaian yang akan kamu kenakan. Untuk terhindar dari kesalahan fatal saat interview, ada baiknya kamu berpenampilan yang rapi dan profesional. Kamu bisa memilih setelan dengan warna netral yang akan memberikan kesan formal dan profesional. Bagi wanita, kamu bisa mengaplikasikan make up yang natural dan tidak terlihat berlebihan. Tidak perlu mempersiapkan setelan baju terlalu banyak, cukup sediakan 1 setelan saja.

    Selain perihal pakaian yang akan dikenakan, hal penting yang harus kamu pastikan adalah kamu tidak bau badan. Bawalah deodorant, sapu tangan atau tisu yang bisa kamu gunakan apabila kamu berkeringat terlalu banyak. Kemudian kamu juga bisa mengunyah permen karet atau berkumur dengan obat kumur sebelum interview dimulai. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kamu tidak bau mulut. Untuk menghindari tenggorokan kering, kamu juga bisa minum air putih secukupnya.

  2. Survei Lokasi Interview

    Apabila kamu berasal dari luar kota dan hari itu adalah kali pertama kamu berkunjung, maka persiapkan untuk datang tepat waktu. Hal ini sangat penting untuk menghindari datang terlambat. Carilah lokasi di google maps, pelajari rute yang akan kamu lewati apakah daerah rawan macet atau tidak. Jika baru kali pertama datang ke daerah tersebut, usahakan untuk tiba hari sebelumnya sehingga kamu bisa lebih mengenal kondisi daerah dan jalanan di daerah tersebut. Kamu juga bisa meninjau dahulu lokasi kerjamu. Hal-hal tersebut bisa membantumu untuk datang tepat waktu.

  3. Survei Transportasi

    Persiapan selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu tinjau transportasi. Apabila ini merupakan kali pertama kamu berkunjung ke perusahaan ini, pastikan kamu melakukan peninjauan mengenai transportasi yang digunakan ke dan dari lokasi tes. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terlambat datang atau bahkan kesasar. Selanjutnya jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, maka lakukan tinjau perihal lokasi parkirnya. Pastikan apakah kamu bisa parkir di lokasi tes atau kamu harus mencari tempat parkir di lokasi lain. Persiapan ini perlu kamu lakukan sebelumnya agar kamu tidak pani di hari tes wawancara berlangsung. Karena hal ini akan mempengaruhi proses wawancaramu.

  4. Lakukan Riset

    Gunakan waktumu untuk melakukan riset mengenai perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Hal ini sangat berguna karena besar kemungkinan HR akan bertanya tentang pengetahuanmu mengenai perusahaan dan posisimu. Nah apabila kamu bisa menjawab dengan baik, kamu akan terlihat bersungguh-sungguh melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Kamu bisa gunakan google atau Linkedin, serta membuka halaman web resmi perusahaan untuk melakukan riset terhadap perusahaan dan posisi yang kamu tuju. Kamu perlu mempelajari tentang perusahaan lebih detail dan produk-produk yang dimiliki perusahaan tersebut. Selain itu, pelajari deskripsi pekerjaan kamu di perusahaan tersebut.

  5. Menyiapkan Pertanyaan

    Persiapan yang tak kalah pentingnya untuk dilakukan yaitu membuat daftar pertanyaan yang mungkin akan muncul saat wawancara kerja. Lakukan hal untuk mempersiapkan tes wawancara kerja kamu lebih matang. Berikut ini beberapa daftar pertanyaan yang kemungkinan besar akan kamu dapatkan saat tes wawancara:

    • Jelaskan tentang diri anda?
    • Kenapa anda tertarik bekerja disini?
    • Apa yang kamu ketahui tentang posisi ini?
    • Apa kelebihan dan kelemahan anda?

    Untuk pertanyaan lainnya bisa kamu coba buat daftar pertanyaanya ya. Kamu juga bisa mendapatkan materi mengenai bocoran pertanyaan pada materi-materi selanjutnya.

Nah itulah beberapa hal yang perlu kamu persiapkan saat kamu akan menghadapi tes wawancara kerja. Untuk persiapan wawancara kerja saat sudah di lokasi tes, bisa kamu cek di materi selanjutnya ya.

Apakah artikel ini bermanfaat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.