Cara Mengirim Lamaran Kerja pake HP

0
108

 

Bisa ngga sih ngirim surat lamaran pake HP?

Gimana cara ngirim email pake HP?

Apa aplikasi buat ngirim lamaran pake HP?

Sebelumnya, kamu sudah belajar tentang cara menulis surat lamaran kerja  terus Mimin juga udah bahas cara ngirim surat lamaran pake email dari komputer . Kamu mungkin bertanya-tanya, bisa ngga sih ngirim lamaran lewat HP? Terus upload berkas lamaran dari HP?

Jawabannya: tentu bisa.

Dengan kemajuan teknologi, sudah banyak aplikasi untuk mengirim email lewat HP. Sebut saja Gmail, MyMail, Yahoo Mail, hingga Microsoft Outlook. Mimin tidak akan membahas semua cara, tapi kamu bisa menggunakan Gmail yang paling umum dan pasti ada di HP Androidmu. Selain itu, kamu juga mengakses Gmail dari browser di HP-mu.

Pertama, kamu install dulu aplikasi Gmail jika belum punya. Bisa unduh dari Playstore atau Appstore ya. Lalu, masuk dengan akun emailmu. Pastikan gunakan email yang formal ya, bukan akun email alay atau email altermu. Email yang kamu gunakan akan tampil di kolom from (pengirim).

Kedua, pada kolom to (penerima), tuliskan alamat email HRD atau perusahaan yang kamu tuju. Kamu bisa melihat alamat email di iklan lowongan kerja atau kontak yang tertera di situs resmi perusahaan. Pastikan kamu mengirim email lamaran kerja ke bagian HRD, bukan ke bagian pemasaran atau humas apalagi bagian konsumsi.

Ketiga, jangan lupa juga tuliskan subject email. JANGAN DIKOSONGIN KAYA HATINYA MIMIN. Tuliskan sesuai format yang ditentukan perusahaan. Atau, bila tidak ada, bisa kamu isikan “Lamaran – Namamu – Posisi yang dilamar”.

Keempat, isikan body email. JANGAN DIKOSONGIN JUGA. Ingat, jangan mengirim email kosongan hanya lampiran saja. Kamu mungkin akan langsung dicoret. Untuk bagian body email, kamu bisa mengambil dari surat lamaranmu tapi dipersingkat saja.

Sebagai gambaran nih, kamu bisa melihat contoh berikut:

Kelima, kamu unggah atau upload berkas sesuai persyaratan ya. Sebelum upload, pastikan berkas dokumen sudah kamu beri nama yang jelas. Setelah itu, baca body email yang kamu tulis dan cek sekali lagi. Hindarkan kesalahan ketik. Cek juga berkas-berkas lampiran yang kamu upload. Pastikan tidak ada berkas yang ketinggalan belum kamu upload. Finally, klik kirim untuk mengirim email lamaran pekerjaanmu!

Itu tadi adalah cara mengirim email lamaran kerja lewat HP menggunakan aplikasi Gmail. Apakah kamu punya aplikasi lain yang biasa kamu gunakan? Yuk berbagi ceritamu di kolom komentar.

Apakah artikel ini bermanfaat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.