Tips Cara Kenalan di Hari Pertama Kerja

Salah satu kesulitan seseorang saat memasuki hari pertama kerja adalah berkenalan dengan rekan sekantor. Adanya kesulitan untuk memulai obrolan berakibat terbatasnya relasi seseorang. Faktanya, untuk bisa bertahan hidup terlebih lagi di dunia pekerjaan, seseorang harus bisa membangun relasi sebaik mungkin agar memudahkan karirmu ke depannya. Bagi kamu yang akan memasuki hari pertama mu di dunia kerja dan merasa bingung untuk bisa beradaptasi dengan rekan kerja lainnya, kamu bisa mengikuti tips berikut ini.  

  1. Senyum, Salam , Sapa

    Sebagai seorang karyawan baru yang masih berusaha beradaptasi, kamu harus mampu untuk mengawali percakapan. Usahakan untuk percaya diri dan berikan senyum yang tulus. Kamu juga bisa menyapa duluan rekan-rekan sekantor yang kamu temui dengan mengatakan “hai, halo”. Hal ini dapat membantu kamu untuk mengakrabkan diri dengan mereka.

  2. Perkenalkan Diri

    Masih merasa canggung untuk memulai suatu percakapan tanpa alasan yang jelas? Jangan khawatir, sebagian besar orang tidak merasa keberatan untuk dihampiri dan diajak berkenalan dengan cara yang sopan dan bersahabat. Akan tetapi, kamu harus mencari waktu yang tepat untuk memperkenalkan diri. Kamu bisa menyebutkan nama mu dan perkenalkan juga bahwa kamu adalah karyawan baru di kantor tersebut. 

  3. Berikan Pujian

    Mengucapkan sesuatu hal yang negatif untuk awal perkenalan dapat membuat orang menjadi ilfil yang akhirnya mereka menjadi tidak mau ngobrol dan terbuka dengan mu. 

    Hal sederhananya kamu bisa memberikan pujian terhadap lawan bicaramu. Kamu bisa mencoba memberikan pujian terhadap kepribadian atau penampilan lawan bicaramu. Pujian haruslah tulus sehingga lawan bicaramu ikut merasakan pujianmu dan mereka tidak enggan untuk melanjutkan obrolan denganmu. Contoh pertanyaan yang bisa kamu tanyakan;

    • Sweater kamu bagus, beli dimana?
    • Ini jenis sepatu yang aku suka juga, kamu membeli dimana?

    Selalu usahakan juga untuk menggunakan pertanyaan terbuka supaya obrolan kamu tidak berakhir dengan ‘ya’ atau ‘tidak’.

  4. Jadilah Pendengar yang Baik

    Salah satu langkah penting untuk dapat menjalin komunikasi dengan orang baru, selain menginisiasi percakapan, kamu juga dapat menjadi pendengar yang baik. Apabila kamu berkenalan dengan seorang rekan kerja yang suka bercerita, kamu bisa sedikit mengontrol tempo bicaramu dan memilih untuk mendengarkan lawan bicaramu berbicara. Secara khusus, kamu harus memberikan ruang dan waktu kepada lawan bicaramu untuk menyampaikan maksudnya secara menyeluruh, mempelajari lawan bicara secara aktif dan bersedia benar-benar mendengarkan serta memahami kata-kata yang diucapkannya. 

  5. Lakukan Kontak Mata

  6. Terdapat sebuah kesalahan yang sering dilakukan sebagian orang yaitu melepaskan pandangan ke arah lain bukan ke lawan bicara. Sebaiknya kamu menatap atau setidaknya melihat mereka saat berbicara. Dengan begitu kamu dan lawan bicara akan merasa saling dihargai. Dengan melakukan kontak mata, kamu juga bisa sekaligus mencerna dan memahami ucapan lawan bicaramu. 

Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi bagaimana bisa mengenal rekan-rekan kerjamu yang baru. Kamu bisa juga menggunakan tips-tips di atas untuk berkenalan dengan klien-klienmu. Apabila kamu memiliki rekan kerja atau klien yang berasal dari luar negeri dan kamu mengalami kebingungan untuk memulai percakapan dalam bahasa Inggris, kamu bisa mengikuti kursus di yec.co.id.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kenali kemampuan Bahasa Inggrismu sekarang! GRATIS! Quick English Test

x
Scroll to Top