Ikuti 6 Tips Saat Wawancara Kerja

0
149

Apakah kamu fresh graduates? Butuh tips menghadapi interview yang baik? Bingung tentang apa yang harus dilakukan saat interview? Atau kamu sudah pernah interview tapi tidak dipanggil? Kalian boleh simak tips-tips menghadapi interview berikut ini.

  1. Datang Tepat Waktu

    Bagi kamu yang masih susah bangun pagi, usahakan sekali untuk bisa bangun awal di hari kamu akan interview. Kamu sudah harus siap beberapa jam sebelum jadwal interview mu dimulai, apalagi kalau lokasi interview mu jauh dari tempat tinggalmu. Hal ini guna menghindari keterlambatan. Kamu harus datang tepat waktu karena akan lebih baik jika kamu yang menunggu daripada HR yang menunggu kamu. Ketika kamu datang tepat waktu, kamu akan terlihat bertanggung jawab dan sungguh-sungguh dengan sesi interview ini. Dengan kamu datang tepat waktu itu juga dapat menguntungkan kamu karena bisa saja HR tidak suka dengan orang yang tidak tepat waktu.

  2. Jaga Penampilan

    Penampilan penting juga lho untuk dijaga ketika kamu mengikuti sesi interview. Siapa sih yang tidak suka melihat orang berpenampilan rapi dan wangi? Jadi, usahakan untuk menjaga penampilan kamu. Pertama, kamu harus mandi sebelum berangkat ke lokasi interview. Setelah kamu mandi, kamu bisa aplikasikan deodorant untuk meminimalisir bau badan. Deodoran juga bisa membantu kamu mencegah burket! Lalu, kamu harus memakai parfum agar wangi dan kamu pun bisa lebih percaya diri. Nah, jika kamu orang yang sering berkeringat, usahakan kamu tidak berkeringat ketika sampai di lokasi interview. Kamu bisa menggunakan taksi atau taksi online untuk meminimalisir keringat atau kamu bisa selalu membawa parfum untuk menjaga performa mu. Pastikan juga ya baju kamu masih rapi dan tidak lecek. 

    Ketika kamu sudah di lokasi interview, kamu harus memastikan tidak bau mulut, kamu bisa mencegahnya dengan minum air putih yang banyak atau kumur dengan obat kumur. Kalau nafas mu segar, tentunya kamu lebih PeDe kan?!

  3. Attitude Memasuki Ruangan

    Selain memperhatikan penampilan, kalian juga harus memperhatikan sikap kalian dalam menghadapi interview. Sebelum kalian memasuki ruangan, sebaiknya ketuk pintunya dahulu. Hal ini untuk menunjukkan sikap kesopanan kalian.  Setelah itu ucapkan salam dan jabat tangan pewawancara/HR untuk memberikan kesan yang baik. Usahakan juga untuk tidak duduk sebelum kamu dipersilahkan duduk. Ketahuilah bahwa kesan pertama begitu menggoda setelah itu terserah kamu. Selalu berikan kesan pertama yang positif kepada HR karena kesan adalah penilaian tidak tertulis dari HR. Apabila ada dua kandidat yang seimbang, tim HR akan menggunakan hal lain untuk penilaian. Salah satunya adalah kesan dari sikap saat wawancara.

  4. Sikap Perkenalan Diri

    Bagi kamu yang belum pernah tes wawancara kerja, kamu perlu tahu bahwa biasanya pertanyaan pertama yang terlontar dari HRD adalah pertanyaan tentang diri kamu. Bisa saja kamu akan diminta untuk memperkenalkan dirimu. Nah, kamu harus memperhatikan sikap kamu ketika memperkenalkan dirimu. Tentunya kamu harus percaya diri tetapi jangan berlebihan. Sebutkan saja hal penting terkait dirimu yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar, jangan sampai kamu menyebutkan hal-hal di luar itu, seperti silsilah keluarga, hobi, dll.

  5. Sikap Menjawab Setiap Pertanyaan

    Selanjutnya, setelah kamu berhasil memperkenalkan diri, kamu akan dihujani beberapa pertanyaan baik terkait latar belakang kamu atau posisi yang kamu lamar. Ingat! Kamu harus menjawab setiap pertanyaan dengan sikap sopan. Tersenyum menjadi hal yang penting kamu lakukan. Dengan tersenyum kamu bisa menularkan energi positif ke pewawancara maupun ke diri kamu sendiri. Sikap yang lain yang wajib kamu lakukan saat sesi wawancara adalah menjaga kontak mata. Siapa sih yang tidak gugup ketika sesi wawancara? Nah, rasa gugup terkadang membuat seseorang tidak sanggup menatap lawan bicaranya. Tetapi ketika kamu mengikuti tes wawancara, kamu harus menjaga kontak mata mu dengan HRD. Berikan tatapan mata yang alami dan mampu meyakinkan HR dengan jawaban-jawabanmu. Yang terpenting nih, usahakan selalu untuk bersikap senatural mungkin dan tidak berlebihan.

  6. Sikap Closing Interview

    Sikap terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah ketika sesi tanya jawab wawancara sudah selesai. Jangan senang dulu ketika sesi tanya jawabmu sudah selesai, karena HR masih memantau gerak gerikmu hingga kamu keluar ruangan. Jadi pastikan kamu mempertahankan perilakumu hingga keluar ruangan. Ketika HR sudah menyampaikan bahwa sesi wawancara selesai, kamu bisa mengucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan padamu. Jangan lupa juga menjabat tangan HR sebelum kamu meninggalkan ruangan. Jabatlah tangan HR dengan tegas dan melangkah keluar ruangan dengan percaya diri. Meskipun proses wawancara mungkin tidak sesuai ekspektasimu, kamu harus berusaha tetap bersikap positif dan beretika.

Bagaimana sudah siap wawancara? Kamu bisa simak artikel selanjutnya tentang pertanyaan yang umumnya muncul di interview lho untuk persiapan. 

Jika kamu seorang pencari kerja dan masih ingin menambah pengetahuanmu, kamu bisa langsung ikut kursus bahasa Inggris untuk pencari kerja di yec.co.id. Best of luck!

Apakah artikel ini bermanfaat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.