Persiapkan 9 Hal Ini Sebelum Kamu Daftar Beasiswa

Saat jadi mahasiswa dulu, Admin ingin mendapatkan sebuah beasiswa ke luar negeri namun gagal karena ada dokumen yang kurang. Nah, apakah kamu juga ingin mendapatkan beasiswa impian tapi bingung dokumen apa saja yang harus disiapkan?

Jangan panik, Admin punya ringkasan dokumen-dokumen apa saja yang harus kamu siapkan. 

Secara umum, ada beberapa dokumen yang harus wajib ada ketika diminta oleh sponsor atau pemberi beasiswa. Baca terus artikel berikut ini ya!

[icon name=”check” class=”” unprefixed_class=””] Ijazah dan Transkrip Nilai

Dua dokumen ini pasti akan diminta dan wajib dilampirkan saat kamu mendaftar beasiswa. Beasiswa tertentu juga menerima Surat Keterangan Lulus (SKL) bila kamu belum mendapatkan ijazah dan transkrip nilaimu. Siapkan juga salinan yang sudah dilegalisasi. 

[icon name=”check” class=”” unprefixed_class=””] Esai atau Motivation Letter

Dokumen ini juga sering diminta oleh sponsor untuk melihat latar belakang, motivasi, visi misi dan rencana kita. Perhatikan syarat dan ketentuan dari sponsor dalam hal penulisan esai.

[icon name=”check” class=”” unprefixed_class=””] Sertifikat TOEFL atau IELTS

Dokumen ini hampir wajib harus kamu persiapkan. Ada beberapa beasiswa yang tidak mensyaratkan sertifikat TOEFL dan IELTS. Ada juga beasiswa yang mensyaratkan kecakapan bahasa tertentu. Sekali lagi, kamu perlu melihat syarat dan ketentuan beasiswa. Beasiswa di Amerika kebanyakan mensyaratkan TOEFL sedangkan Eropa dan Inggris sebagian besar mensyaratkan IELTS. 

Alangkah lebih baik lagi, kamu mempersiapkan salah satu atau kedua sertifikat kecakapan bahasa Inggris ini jauh-jauh hari. Kenapa? Karena terkadang tes hanya dilaksanakan satu bulan 1-2 kali, kemudian biasanya hasil dan sertifikat diperoleh dua minggu setelah tes, dan harganya yang tidak murah. 

[icon name=”check” class=”” unprefixed_class=””] Curriculum Vitae (CV)

Sama seperti saat melamar kerja, kamu juga perlu mempersiapkan CV alias daftar riwayat hidup ketika mendaftar beasiswa. Buatlah CV yang menarik sekaligus singkat dan jelas. Kamu bisa mencantumkan profil singkatmu yang termasuk identitas diri, pendidikan terakhir, pengalaman kerja/organisasi, hingga publikasi yang pernah kamu terbitkan.

[icon name=”check” class=”” unprefixed_class=””] Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi akan semakin menguatkan posisimu untuk mendapatkan beasiswa impian. Rekomendasi bisa saja dari atasan tempat bekerja, pimpinan, dosen, guru besar ataupun rektor. Kamu bisa menyesuaikan dengan tempatmu bekerja atau kuliah, sehingga rekomendasi yang diberikan lebih valid.

[icon name=”check” class=”” unprefixed_class=””] Identitas Pengenal

Untuk beasiswa dalam negeri, kamu bisa mempersiapkan identitas pengenal seperti KTP, SIM atau tanda pengenal lain sesuai syarat dan ketentuan. Sedangkan untuk beasiswa luar negeri, kamu perlu menyiapkan paspor. Nah, pengurusan paspor membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sehingga siapkanlah jauh-jauh hari. Jangan lupa juga menyiapkan salinan masing-masing identitas pengenalmu sehingga kamu tidak repot nantinya.

[icon name=”check” class=”” unprefixed_class=””] Terjemahan Dokumen

Beberapa universitas telah mencetak ijazah dan transkrip nilai dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Namun, banyak juga yang hanya memberikan dokumen tersebut dalam bahasa Indonesia saja. Kamu perlu menyiapkan terjemahan resmi dokumen tersebut lewat jasa penerjemah tersumpah bila ingin mendaftar beasiswa di luar negeri. 

[icon name=”check” class=”” unprefixed_class=””] Scan Dokumen

Selain dokumen yang sudah tercetak, persiapkan juga dokumen-dokumen dari nomor 1 sampai 7 dalam bentuk pindaian atau scan. Kamu membutuhkan dokumen scan untuk melakukan pendaftaran online. Kamu bisa menyimpan dokumen scan tersebut dalam beberapa format seperti .pdf atau .jpg. Perhatikan juga ukuran berkas serta resolusi masing-masing berkas.

[icon name=”check” class=”” unprefixed_class=””] Pasfoto

Nah, yang terakhir pasti wajib banget ini. Siapkan pasfoto formal terbaikmu dalam beragam ukuran seperti 2×3, 3×4 serta 4×6. Persiapkan juga beberapa warna latar yang umum seperti biru, merah ataupun hitam putih.

Nah, dokumen mana yang belum kamu miliki? Seperti kata pepatah “Amat Victoria Curam” atau dalam bahasa Inggris “Victory Loves Preparation”, kesuksesan dan keberhasilan berasal dari persiapan yang matang. Yuk dipersiapkan dari sekarang. Selamat berburu ya, dear scholarship hunters!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Scroll to Top