Dalam dunia bisnis, presentasi merupakan satu hal yang sangat penting. Presentasi bisnis contohnya yaitu usulan proyek baru, pengenalan produk baru, dsb. Tentunya kamu tidak boleh sembarangan mempersiapkan sebuah presentasi. Selain mempersiapkan materi presentasi, kamu juga perlu mempersiapkan bagian pembukaan. Pembukaan merupakan bagian paling awal yang dilihat dan didengar oleh audiensmu. Maka buatlah bagian pembukaan yang baik dan menarik untuk audiens.

Saat pembukaan secara umum kamu bisa menjelaskan tujuan presentasi, kemudian gambaran umum presentasi misalnya membahas mengenai topik apa, lamanya waktu yang dibutuhkan serta bagian yang diikutkan dan tidak diikutkan pada presentasi. Kamu juga bisa memotivasi audiens sehingga mereka akan tertarik untuk mendengarkan presentasimu. Nah bagaimana teknik untuk membuat bagian pembukaan presentasi yang menarik? Berikut ini adalah beberapa teknik yang bisa kamu terapkan.

Jelaskan Maksud dan Tujuan Presentasi

Setiap presentasi pasti mempunyai maksud dan tujuan maka dalam pembukaan sampaikan apa yang menjadi maksud dan tujuan presentasimu. Kamu juga bisa menyampaikan hal yang akan diperoleh dari audiens setelah mendengarkan presentasimu. Apabila audiens sudah tahu tujuan presentasimu, mereka akan lebih tertarik untuk mengikuti presentasimu sampai selesai.

Gunakan Data dan Fakta

Pada bagian pembukaan presentasimu, kamu juga bisa menggunakan teknik ini. Gunakan data dan fakta yang belum pernah orang dengar sehingga akan membuat audiens berpikir dan bertanya mengenai materi yang akan kamu presentasikan. Paparkan fakta dan data dari penelitian kemudian kaitkan dengan materi yang akan kamu presentasikan. Akhirnya mereka akan terlibat dalam presentasimu karena adanya rasa penasaran yang sudah kamu tanamkan. 

Sampaikan Kutipan atau Pernyataan

Kamu bisa menggunakan kutipan dari orang terkenal yang berkaitan dengan topik yang akan kamu presentasikan. Kamu bisa mengatakan “Menurut … Oleh karena itu, hari ini saya akan menjelaskan …“. Dengan mendengarkan kutipan ini, tentu akan memberikan rasa penasaran akan materi pada presentasimu.

Sampaikan Pertanyaan

Teknik berikutnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan menyampaikan pertanyaan. Misalnya ketika kamu ingin memperkenalkan produk baru. Kamu bisa berkata “Para hadirin, saya ingin mengajukan pertanyaan, Apakah anda membawa kantong belanjaan saat berbelanja?”. Ketika kamu mengajukan pertanyaan, maka akan ada respon alami dari audiens dan mereka akan berpikir untuk mencari tahu jawabannya. Dalam contoh, mungkin akan ada jawaban bahwa mereka kadang, sering, selalu dan bahkan tidak pernah membawa kantong belanja. Nah selanjutnya, kamu bisa menyampaikan pentingnya membawa kantong belanjaan saat berbelanja dan kalian akan memperkenal produk baru kalian yang praktis untuk dibawa kemana saja. Hal ini akan membuat audiens fokus mendengarkan presentasimu karena mereka ingin tahu mengenai penjelasan yang lebih rinci. 

Sampaikan Cerita

Kamu bisa menyampaikan cerita yang relevan dengan topik yang akan kamu presentasikan. Contohnya, kamu ingin menjelaskan tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan. Kamu bisa membuka presentasi dengan bercerita tentang seseorang yang kamu kenal dekat yang kurang memperhatikan kesehatannya. Lalu di akhir cerita, kamu bisa berkata “Disini saya akan menjelaskan kepada anda semua betapa pentingnya menjaga kesehatan arena kesehatan tidak hanya berharga bagi anda, namun bagi orang-orang yang anda cintai.” Tidak ada salahnya kamu mencoba teknik ini, karena banyak presenter yang menggunakan topik ini untuk membuka presentasi. Teknik bercerita ini pun dapat membuat audiens ikut terlibat dalam topik yang akan kamu presentasikan.

Tadi adalah beberapa teknik yang bisa kamu gunakan untuk membuka presentasi. Pilihlah teknik pembukaan yang paling tepat untuk membuka presentasimu sehingga audiens akan tertarik untuk mendengarkan presentasimu sampai selesai.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kenali kemampuan Bahasa Inggrismu sekarang! GRATIS! Quick English Test

x
Scroll to Top