Sapaan yang bisa digunakan di lingkungan kerja

Tahukah kamu bahwa ketika berbisnis kamu perlu memperhatikan pilihan ungkapan dalam bahasa Inggris yang akan digunakan, misalnya penggunaan kalimat sapaan.

Untuk menghindari penggunaan kalimat sapaan yang tidak tepat, berikut beberapa kalimat sapaan dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan dalam berbisnis.

 

Gabung Belajar Bahasa Inggris Gratis 

Kamu juga bisa mengikuti kelas bahasa Inggris online gratis pada hari Senin 05 November 2020 pada pukul 19.00 - 21.00 via grup whatsapp

Materi yang akan dibahas pada kelas gratis meliputi

  • Tenses: Simple Present Tense 
  • Listening

Pemateri adalah Aina Tsiqah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mercu Buana Yogyakarta dengan pengalaman mengajar khursus bahasa inggris kelas dan private selama ini 2 tahun.

Ayo bergabung dengan klik link grup WA di bawah

 

Good morning, good afternoon, good evening

Kalimat sapaan ini merupakan kalimat yang paling umum dan sopan untuk digunakan. Sapaan good morning digunakan pada saat pagi hari. Sedangkan untuk good afternoon bisa mulai digunakan pada jam 12.00 hingga 18.00 dan good afternoon dapat digunakan pada pukul 18.00 hingga malam hari.

How have you been?

Kalimat sapaan yang bermakna menanyakan kabar ini termasuk sopan untuk digunakan saat menyapa rekan bisnis. Namun kalimat sapaan ini biasanya digunakan oleh seseorang yang sudah saling mengenal satu sama lain, misalnya rekan bisnis tersebut sudah kalian kenal sebelumnya dan bukan merupakan pertemuan pertama.

How are you?

Kalimat sapaan lainnya yang umum digunakan adalah how are you?. Kalimat sapaan ini merupakan kalimat tanya yang menanyakan kabar. Penggunaan kalimat sapaan ini menunjukkan kepedulianmu terhadap keadaan rekan bisnismu.

Nice to meet you

Sapaan ini bermakna senang bertemu denganmu. Kalimat ini bisa digunakan untuk menyapa rekan bisnis yang baru pertama kali berjumpa denganmu. Kamu juga bisa berkata nice to meet you in person. Kamu bisa merespon kalimat sapaan ini dengan mengatakan nice to meet you too, it’s a pleasure to meet you too.

How do you do?

Berbeda dengan how have you been yang biasanya digunakan saat mengenal rekan bisnis sebelumnya, maka kalimat sapaan how do you do? bisa kamu gunakan untuk menyapa rekan bisnis yang belum pernah kalian temui sebelumnya Untuk merespon sapaan ini, kamu bisa mengatakan how do you do?.

Perlu diingat bahwa kalimat sapaan ini bukan bermakna seperti how are you, namun kalimat ini bermakna seperti nice to meet you.

Nah itu tadi beberapa kalimat sapaan yang bisa digunakan di lingkungan kerja, misalnya saat bertemu dengan rekan bisnis. Sekarang kerjakan latihan berikut untuk menguji pemahamanmu.

1. A : Nice to meet you.

B : _______________

2. A : How do you do?

B : _____________

3. A : ____________

B : I am pretty good.

4. A : Good afternoon.

B : ____________.

5. A : __________

B : I am pretty well.


 

Sapaan yang bisa digunakan di lingkungan kerja
4.9 (97.14%) 21 vote[s]

2 thoughts on “Sapaan yang bisa digunakan di lingkungan kerja”

  1. Dika Bilfastiana

    Number 4
    Why is the answer “nice to meet you too” not “good afternoon”?
    Could you explain it to me? Thanks before..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Scroll to Top