Jawaban Terimakasih Dalam Bahasa Inggris

Jawaban Terimakasih Dalam Bahasa Inggris

Jawaban Terimakasih Dalam Bahasa Inggris – Ketika kita membutuhkan bantuan dan ada orang lain yang bersedia menolong kita, tentunya respon yang kita berikan adalah mengucapkan terima kasih seperti yang dijabarkan dalam artikel Ungkapan Terimakasih Dalam Bahasa Inggris. Namun, jika posisinya ditukar, dengan kita sebagai pihak yang menolong, apa yang akan kita ucapkan untuk menanggapi “terima kasih”?

Yak, betul. Jawaban yang paling umum adalah “sama-sama.” Namun, sebenarnya, ada banyak jawaban yang bisa dipakai untuk menanggapi “terima kasih”. Dalam bahasa Inggris, Anda akan menemukan berbagai frasa atau kalimat yang bisa Anda gunakan untuk menjawab “terima kasih”. 

Penasaran apa saja frasa atau kata-katanya? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Menjawab Terima Kasih dalam Bahasa Inggris di Situasi Formal

Dalam berkomunikasi dengan orang lain, kita menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi. Ketika Anda sedang berada di tempat kerja atau acara formal, memperhatikan bahasa yang Anda gunakan menjadi sesuatu yang penting. Begitu juga dengan tanggapan terima kasih. Agar suasana tetap nyaman, berikut ini telah terangkum berbagai balasan terima kasih dalam situasi yang formal:

  • You’re welcome

Frasa ini sudah sangat umum dan diketahui banyak orang. “You’re welcome” bisa diterapkan di segala kondisi, baik formal maupun informal. Karenanya, jawaban ini merupakan jawaban yang aman untuk menanggapi terima kasih. 

  • The pleasure was all mine

Ini adalah cara yang sangat sopan untuk menanggapi terima kasih. Anda bisa menggunakan kalimat ini di situasi yang formal. “The pleasure was all mine” mengesankan bahwa Anda tidak merasa terbebani untuk membantu lawan bicara, dan membuat komunikasi menjadi nyaman. 

  • No, thank you

Jika Anda diundang untuk menghadiri suatu acara dan tuan rumah berterima kasih atas kehadiran Anda, ini adalah respon yang bagus. “No, thank you” mengisyaratkan kepada tuan rumah bahwa Anda menikmati acaranya dan menghargai undangannya. Balasan ini juga cocok digunakan jika Anda bertemu dengan orang yang bekerja di industri layanan. Ketika pegawai restoran atau hotel berterima kasih atas kehadiran Anda, pernyataan ini menunjukkan penghargaan dan kerendahan hati Anda. 

  • It’s my duty

Dalam setting tempat dunia kerja, ketika seseorang berterima kasih kepada Anda atas tugas yang Anda lakukan dengan baik, ini adalah respon yang tepat. “It’s my duty” menyiratkan bahwa Anda bertindak sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab Anda. 

  • I’m always happy to help

Respon ini bisa digunakan di situasi formal dan kasual. Dalam konteks profesional, tanggapan ini menyiratkan bahwa Anda adalah orang yang terbuka dan bersedia menyelesaikan tugas. Sementara itu, dalam konteks kasual, jawaban ini menunjukkan bahwa Anda melakukan hal atau tindakan tersebut dari hati.

  • I’m happy to be of service

Ini adalah alternatif dari jawaban “no problem” untuk orang yang bekerja di industri pelayanan. Jawaban dari terima kasih ini terdengar lebih optimis dan mengesankan bahwa membantu orang lain bukanlah masalah. “I’m happy to be of service” secara implisit juga menunjukkan bahwa Anda senang memenuhi tugas Anda.

Menjawab Terima Kasih di Situasi Informal

  • Anytime

Ini adalah jawaban yang tepat jika lawan bicara Anda adalah seseorang yang dekat dengan Anda atau pernah membantu di masa lalu. Ini menunjukkan bahwa Anda senang untuk membantu apapun yang diminta dan akan bersedia membantu lagi, jika dibutuhkan. 

  • It’s nothing

Jika ada orang yang menumpahkan rasa terima kasih atau penghargaan kepada Anda dengan sedikit berlebihan, maka ini adalah respon yang tepat. “It’s nothing” menunjukkan kepada lawan bicara bahwa rasa terima kasih sudah cukup dan Anda tidak rugi untuk membantu mereka. 

  • Not a problem

Jawaban yang kasual ini cocok untuk Anda yang beranggapan bahwa bantuan yang Anda berikan bukanlah masalah. Sang lawan bicara juga diterima bila di masa depan ia membutuhkan bantuan lagi dari Anda. 

  • You’d do the same

Jika Anda berteman baik dengan seseorang, terkadang Anda tidak perlu mengucap “sama-sama” karena Anda tahu bahwa mereka juga akan melakukan hal yang sama untuk Anda. “You’d do the same” adalah respon yang cocok untuk sahabat Anda, karena ini mengisyaratkan bahwa Anda percaya diri dengan persahabatan Anda. 

  • Think nothing of it

Jika Anda melakukan sesuatu untuk teman dekat, tidak peduli seberapa besar atau kecil, ini adalah cara yang baik untuk mengembalikan terima kasih mereka. Respon yang simpel namun mengena di hati ini menunjukkan bahwa Anda akan membantu teman tanpa banyak berpikir dan tanpa pamrih. 

  • That’s okay

 

Anda bisa menggunakan jawaban Anda bila lawan bicara menawarkan sesuatu untuk membalas kebaikan Anda. “That’s okay” menunjukkan bahwa rasa terima kasih yang secara verbal sudah cukup, dan penghargaan dalam bentuk lainnya tidak diperlukan. 

 

Demikianlah, Kawan YEC, jawaban terimakasih dalam bahasa Inggris yang bisa Anda gunakan. Kini, Anda bisa mengembalikan “thank you” dari atasan di tempat kerja atau dari sahabat Anda. Tidak melulu dengan “you’re welcome” saja. Berbagai pilihan menjawab terima kasih bebas Anda pilih, yang tentunya disesuaikan dengan situasi dan kondisi. 

Untuk materi Bahasa Inggris lainnya kunjungi Disini

Mampu menyusun kalimat dalam bahasa Inggris serta mengetahui berbagai kosakata dalam bahasa Inggris adalah salah satu dasar dalam bahasa Inggris. Jika Anda sudah menguasai hal ini, artinya Kawan YEC siap mengerjakan tes untuk menguji kemampuan bahasa Inggris, seperti TOEFL. Namun, jika Anda ingin mengukur kemampuan sebelum mengambil TOEFL resmi, tidak ada salahnya untuk mencoba TOEFL Prediksi. 

 

Jika Anda mencari TOEFL Prediksi yang bisa dikerjakan dari mana saja dan kapan saja, YEC punya solusi jitu untuk Anda. 

 

YEC menyelenggarakan tes TOEFL Prediksi EPOT (English Proficiency Online Test) yang dapat dikerjakan secara daring atau online. Dengan EPOT, Anda bisa mengukur sejauh mana kemampuan berbahasa Inggris dan mengevaluasi diri. KLIK DI SINI untuk daftar EPOT dan klaim kupon diskon untuk mendapatkan diskon menarik!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Aplikasi Latihan Soal Bahasa Inggris Install

x
Scroll to Top