Cara menghitung skor toefl ibt

Cara menghitung Skor TOEFL iBT

Cara menghitung skor TOEFL iBT lebih sederhana dan bersifat real. Real disini berarti tidak ada rumus. Skor dapat langsung dihitung dengan menjumlahkan nilai yang diperoleh di setiap bagian yang diujikan yaitu sesi listening, reading, writing dan speaking. Kamu hanya tinggal menjumlahkan seluruh nilai dari masing-masing kompetensi yang diujikan. Skor tertinggi di setiap sesi adalah 30 poin. Berikut contoh ilustrasi perolehan poin di setiap sesi atau keterampilan yang diujikan:

Listening = 30 

Reading = 20

Writing = 10

Speaking = 30

Total skor = 90

Dapat disimpulkan dari ilustrasi di atas, seorang peserta tes mendapatkan skor akhir 90 poin. 

Skor Tertinggi & Terendah TOEFL iBT

Penilaian atau skor dalam TOEFL iBT berbeda dengan skor TOEFL ITP. TOEFL iBT memiliki rentang skor 0-120 dan setiap keterampilan memiliki range skor 0-30. Setiap bagian memiliki 4–5 tingkat kemahiran, sehingga kawan YEC nantinya bisa mengetahui tingkat kemahiran pada tiap bagian dengan melihat rentang skor.

Berikut untuk detail skor TOEFL iBT dan tingkat kemampuan dari setiap keterampilan yang diujikan. 

 

Keterampilan Tingkat Kemampuan
Reading Advanced (24–30)
High-Intermediate (18–23)
Low-Intermediate (4–17)
Below Low-Intermediate (0–3)
Listening Advanced (22–30)
High-Intermediate (17–21)
Low-Intermediate (9–16)
Below Low-Intermediate (0–8)
Speaking Advanced (25–30)
High-Intermediate (20–24)
Low-Intermediate (16–19)
Basic (10–15)
Below Basic (0–9)
Writing Advanced (24–30)
High-Intermediate (17–23)
Low-Intermediate (13–16)
Basic (7–12)
Below Basic (0–6)

Baca juga : Perbedaan Skor Disetiap Jenis Tes TOEFL

Berdasarkan informasi pada tabel di atas dapat dilihat bahwa skor terendah yang diperoleh di setiap keterampilan adalah nol (0). Dapat disimpulkan, jika kawan YEC mendapatkan skor nol di semua keterampilan yang diujikan, maka skor total yang kawan YEC peroleh adalah nol. Dengan kata lain, skor terendah di TOEFL iBT adalah nol.

Sebaliknya, jika kawan YEC mendapatkan skor tertinggi yakni 30 poin di semua keterampilan yang diujikan, maka kamu akan mendapatkan skor tertinggi yakni perolehan skor akhirnya adalah 120 poin. 

Minimal Skor TOEFL iBT untuk Beasiswa

Persyaratan untuk skor TOEFL iBT minimal yang diterima dapat berbeda-beda tergantung universitas yang dituju oleh mahasiswa, namun rata-rata pelajar internasional biasanya membutuhkan skor minimal 80-100 untuk dapat diterima masuk ke universitas di luar negeri. 

Sebagai gambaran bagi kawan YEC, berikut beberapa ringkasan persyaratan skor TOEFL iBT untuk mendaftar beberapa beasiswa.

  1. Untuk mendaftar beasiswa LPDP maka kamu perlu memiliki skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL® iBT 61 (program magister dalam negeri), TOEFL iBT® 80 (program magister luar negeri),  TOEFL® iBT 70 (program doktor dalam negeri), TOEFL iBT® 94 (program doktor luar negeri).
  2. Jika kawan YEC ingin mendaftar program IISMA (Indonesian International Student Mobility Award) yakni program beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia untuk para mahasiswa Indonesia maka kawan YEC perlu memiliki skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL® iBT 78 
  3. Beasiswa Fulbright mensyaratkan skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL® iBT 80 (master program) dan TOEFL® iBT 90 (PhD program)
  4. Beasiswa Australia Award Scholarship mensyaratkan skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL® iBT 80 (master program) dan TOEFL® iBT 88 (PhD program)

 

Dapat disimpulkan bahwa hasil skor TOEFL iBT ini diakui secara internasional oleh banyak universitas, perusahaan dan lembaga di dunia.

Tips memperoleh Skor Tinggi di TOEFL iBT

Untuk mendapatkan nilai tinggi di TOEFL iBT, tentunya kawan YEC perlu mempersiapkan diri dengan baik. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kawan YEC terapkan agar mendapatkan nilai TOEFL iBT sesuai harapan.

Pahami format tes Toefl iBT dengan jelas

Struktur tes TOEFL iBT terdiri dari empat bagian yakni reading, speaking, listening dan writing. Tiap bagian memiliki karakteristik yang berbeda sehingga penting sekali untuk memahami format dari masing-masing bagian. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya seluruh bagian ujian ini adalah kurang lebih 2 jam dengan pembagian masing-masing sesi sebagai berikut:

Sesi Durasi Tugas Deskripsi
Reading 35 menit 20 Pertanyaan Membaca teks dan menjawab pertanyaan
Listening 36 menit 28 Pertanyaan Menjawab tentang kuliah singkat atau diskusi di kelas 
Speaking 16 menit 4 Tugas Berbicara tentang topik yang dikenal dan membahas topik yang dibaca dan didengar
Writing 29 menit 2 Tugas Membaca teks, mendengarkan rekaman, mengetikkan respons

Menyatakan dan mendukung pendapat di sebuah diskusi kelas

Tentukan skor minimal yang ingin diperoleh

Penting bagi kawan YEC untuk menentukan skor minimal yang akan diperoleh. Jika kawan ingin mendaftar ke universitas di luar negeri, melamar beasiswa atau bahkan melamar pekerjaan dengan persyaratan kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT maka kawan YEC wajib mencari tahu skor minimal yang dibutuhkan agar bisa lolos. Selain itu, tentukan juga skor minimal yang ingin kawan capai. Cara ini penting dilakukan untuk mengukur waktu yang diperlukan untuk persiapan tes. 

Tentukan jadwal belajar

Setelah memahami format tes dan menentukan skor yang ingin dicapai, maka tips berikutnya yang perlu kawan lakukan adalah menentukan jadwal belajar. Tak bisa dipungkiri, waktu belajar tiap individu tentu saja berbeda-beda karena perbedaan aktivitas yang dihadapi. Maka penting bagi kawan YEC untuk tetap disiplin terhadap jadwal yang sudah dibuat dan fokus belajar. 

Melakukan praktik tes

Kawan YEC juga harus memperbanyak latihan dengan soal-soal TOEFL iBT di jadwal belajar yang telah kalian tentukan. Hal ini berguna agar nantinya kalian semakin terbiasa dengan format tes, pertanyaan dan tugas yang akan muncul di tiap bagian. Selain itu, kawan YEC juga bisa melakukan tes praktik untuk dapat mengukur waktu di tiap sesi tes TOEFL iBT. Tak ada salahnya untuk melakukan praktik tes TOEFL iBT ini selama beberapa kali sebelum menghadapi tes yang sebenarnya. 

Demikian artikel mengenai skor TOEFL iBT, cara perhitungan, minimal skor yang diperlukan untuk melamar beasiswa dan tips memperoleh skor tinggi. Jika kamu sedang mencari tes TOEFL iBT Online yang bisa dilaksanakan di rumah, YEC hadir dengan solusi terbaik. TOEFL iBT dengan harga yang lebih terjangkau dan pembelian tanpa kartu kredit, bisa kamu dapatkan di YEC. Amankan seat TOEFL iBT yang terbatas dan dapatkan harga terbaik dengan KLIK DI SINI!

 

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top