Beasiswa UGRAD

Global Undergraduate Exchange Program

Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD) menghadirkan beasiswa tanpa gelar akademis untuk satu semester bagi beragam mahasiswa untuk menimba ilmu di perguruan tinggi atau universitas di Amerika Serikat.

Global UGRAD adalah sebuah program yang diselenggarakan oleh Biro Urusan Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat dan bertujuan untuk merekrut partisipan yang kurang terepresentasikan, yang belum memiliki kesempatan belajar di Amerika Serikat.

Kandidat yang diterima akan mendapatkan pengalaman terkait aspek sosial, budaya, dan institusi akademik di Amerika Serikat, begitu juga dengan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan profesional mereka. 

  Semua peserta akan terdaftar dalam course sarjana (undergraduate) secara penuh waktu dan tanpa gelar yang dipilih dari kurikulum yang ada di institusi tuan rumah (host). Para peserta akan diminta untuk mengambil 1 course studi Amerika Serikat 3-kredit untuk meningkatkan pemahaman mereka mengenai Amerika Serikat.

Para peserta akan tinggal di fasilitas perumahan kampus dengan teman sebaya dari Amerika dan akan diminta untuk berpartisipasi dalam pelayanan komunitas selama 20 jam. Akan ada orientasi kedatangan secara virtual dan workshop di akhir program secara langsung. 

Manfaat yang didapatkan peserta adalah perjalanan internasional, biaya kuliah, kamar dan makanan, asuransi kecelakaan/penyakit, uang bulanan, dan pendanaan untuk buku.  

Persyaratan Beasiswa Global UGRAD

Beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi oleh pelamar adalah:

  1. WNI (Warga Negara Indonesia)
  2. Berusia lebih dari 18 tahun
  3. Terdaftar dalam jenjang S1/D4 di Indonesia, dan menyelesaikan minimal 1 semester di Januari 2024 serta memiliki setidaknya 1 tahun untuk menyelesaikan pendidikan di universitas asal ketika kembali dari program ini. Preferensi akan diberikan kepada mahasiswa semester tiga sampai mahasiswa semester lima.  
  4. Menunjukkan potensi leadership (kepemimpinan) secara akademis, keterlibatan dalam komunitas, dan aktivitas ekstrakurikuler.
  5. Menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris secara tertulis dan lisan yang dibuktikan dengan TOEFL ITP atau TOEFL Prediksi dengan skor 500 atau TOEFL iBT dengan skor 61 atau IELTS dengan skor 6.0 atau Duolingo English Test dengan skor 95. 
  6. Berkomitmen untuk kembali langsung ke Indonesia setelah menyelesaikan program.

Baca juga : Tips Meningkatkan Skor TOEFL

Preferensi akan diberikan kepada peserta yang sedikit atau tanpa pengalaman di Amerika Serikat atau di luar negara asal. Hanya peserta terpilih yang akan dihubungi untuk wawancara pribadi.

Pelamar dengan hal-hal tersebut di bawah ini tidak memenuhi syarat:

  1. Warga Negara Amerika Serikat dan penduduk permanen Amerika Serikat.
  2. Individu yang bersekolah, tinggal, dan tinggal di luar Indonesia.
  3. Pegawai lokal misi AS di luar negeri yang bekerja untuk Departemen Luar Negeri AS dan/atau USAID
  4. Anggota keluarga dekat (pasangan dan anak-anak) dari pegawai Departemen Luar Negeri AS dan/atau USAID; anggota keluarga juga tidak memenuhi syarat selama 1 tahun setelah pemutusan hubungan kerja.
  5. Pegawai World Learning dan AMINEF saat ini dan anggota keluarga dekat.  

Deadline Pendaftaran Global Undergraduate Exchange Program

Deadline untuk pendaftaran online lamaran program adalah 15 Desember 2023. 

Cara Melamar Beasiswa Global UGRAD

Kandidat mengunjungi link berikut:

https://webportalapp.com/sp/login/ugrad_student_application_2024

 

Link tersebut hanya dapat diakses hingga deadline 15 Desember 2023. Para peserta dianjurkan untuk melengkapi aplikasi dengan baik sebelum deadline untuk menghindari masalah yang mungkin muncul menjelang penutupan. 

Persyaratan Pengajuan Beasiswa Global UGRAD

  1. Dua surat referensi:
  • 1 surat berasal dari dosen jurusan pelamar
  • 1 surat berasal dari dosen lainnya, atasan, pelatih, atau pengawas kerja komunitas
  • Fotokopi KTP
  • Transkrip terbaru dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Transkrip dan dokumen lainnya perlu dipersiapkan sebelum deadline karena kandidat tidak dapat menambahkan informasi tambahan dalam form lamaran setelah tanggal tersebut. 

Setelah form lamaran online dikumpulkan, kandidat harus menginformasikan kepada staf AMINEF via email, dengan melampirkan scan sertifikat TOEFL ITP atau TOEFL Prediksi atau TOEFL iBT atau IELTS atau Duolingo English Test ke email [email protected] , dan [email protected] dengan subject email, “[Your Full Name] – Completed Global UGRAD Online Form.”

Persyaratan unik untuk program Indonesia mungkin berbeda dari rincian di situs World Learning. Bagi pelamar dari Indonesia, harap mengacu pada persyaratan di atas saat melamar program ini dan sampaikan semua pertanyaan kepada staf AMINEF.

Untuk Kawan YEC yang tertarik mengikuti program ini, pastikan kalian memenuhi semua syarat yang diminta, ya! Termasuk berkas-berkas yang wajib ada seperti sertifikat TOEFL. 

Mengingat deadline program ini tidak lama, maka kalian perlu sertifikat TOEFL yang hasilnya keluar dengan cepat. English Proficiency Online Test (EPOT) dari YEC, bisa menjadi solusi untuk kalian. Sertifikat digitalnya yang langsung keluar setelah tes, benar-benar akan memudahkanmu untuk mendaftar program Global Undergraduate Exchange Program. 

EPOT adalah TOEFL Prediksi dengan format soal seperti TOEFL ITP. Dapat dikerjakan di mana pun dan kapan pun, EPOT bisa menjadi jawaban atas persyaratan sertifikat kemampuan bahasa Inggris dalam waktu singkat. Diterimanya EPOT di CPNS 2018, 2019, 2021 membuktikan kevalidan dari sertifikat EPOT.

Segera chat CS kami untuk informasi lebih lanjut dan potongan harga, dan persiapkan dirimu untuk Global Undergraduate Exchange Program 2024. 

 

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top