direct dan indirect

Daftar Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Daftar Beasiswa Kuliah di Luar Negeri – Kamu lagi cari – cari info beasiswa kuliah ke luar negeri?

Saat ini, kesempatan untuk menuntut ilmu begitu luas. Bukan hanya di dalam negeri, tapi kamu juga berkesempatan untuk berkuliah di luar negeri. Sembari menjelajahi indahnya alam yang kontras dari Indonesia, kamu akan mendapatkan pengalaman tak ternilai dari berkuliah di luar negeri.

Jika kamu sedang mencari informasi tentang beasiswa kuliah ke luar negeri, maka kamu sudah berada di artikel yang tepat. Daripada berlama-lama, yuk simak informasinya di bawah ini!

Berikut Daftar Beasiswa Luar Negeri yang dapat kamu daftar dari Indonesia

  • LPDP, Indonesia

Kementerian Keuangan RI melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menawarkan beasiswa ke luar negeri untuk insan berprestasi di Indonesia. Jika Kawan YEC bisa lolos melalui beasiswa ini, kalian berkesempatan untuk berkuliah di berbagai perguruan tinggi terbaik dunia lho! Universitas yang dituju oleh beasiswa LPDP ini antara lain California Institute of Technology (Caltech), Harvard University, Massachusetts Institute of Technology, Princeton University, Stanford University, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Terdapat 3 program beasiswa dari LPDP, yaitu beasiswa S1, S2, dan S3. Saat ini, LPDP juga membuka kesempatan beasiswa bagi siswa SMK dan SMA, dosen, guru, tenaga kependidikan, dan peneliti.

  • Australia Awards, Australia

Kesempatan beasiswa juga datang dari tanah asal kangguru. Pemerintah Australia, khususnya Department of Foreign Affairs and Trade Australia menawarkan Australia Awards Scholarships. Beasiswa ini dibuka untuk negara-negara yang menjalin kerjasama bilateral dan regional dengan Australia, salah satunya Indonesia. Selain Indonesia, beasiswa ini juga dibuka untuk mahasiswa dari Asia Timur, Afrika Utara, Timur Tengah, Amerika Latin, Pasifik, termasuk Asia Selatan dan Papua Nugini.

Penerima atau awardee beasiswa Australia Awards akan mendapatkan tanggungan biaya kuliah, tunjangan hidup, pelatihan bahasa Inggris, asuransi kesehatan, tempat tinggal, tiket perjalanan, dan beberapa fasilitas lain. Setiap tahun, beasiswa ini rutin dibuka.

  • Fulbright, Amerika Serikat

Siapa yang tak kenal beasiswa satu ini? Beasiswa dengan reputasi global ini berasal dari negara adidaya, Amerika Serikat. Beasiswa ini dibuka untuk penerima dari 155 negara dengan jumlah alokasi sekitar 7.500 beasiswa. Jika Kawan YEC memilih beasiswa ini, maka kalian tak hanya bersaing dengan kawan-kawan internasional saja. Sebab beasiswa Fulbright juga terbuka untuk pelajar dari Amerika Serikat.

Seperti beasiswa lain, Fulbright menawarkan beasiswa di jenjang S2 dan S3.  Terdapat berbagai program dari beasiswa ini. Program-program yang ditawarkan antara lain Fulbright Master of Science & Technology Initiative Degree Program, Fulbright-DIKTI Master’s Degree Program, Fulbright Presidential Scholarship, Fulbright-Freeport Master’s Degree Program, dan beberapa program lainnya. Penerima yang lolos beasiswa ini akan mendapatkan tunjangan biaya kuliah, tunjangan buku, uang saku bulanan, tiket pesawat, dan asuransi kesehatan.

Baca Juga : Tips Lancar Berbicara Bahasa Inggris

  • Chevening, Inggris

Jika Kawan YEC adalah lulusan S1 dan ingin melanjutkan S2 di Inggris, beasiswa Chevening merupakan salah satu cara mewujudkannya. Jika kalian melanjutkan kuliah magister melalui beasiswa ini, durasi belajar yang kalian tempuh dibatasi 1 tahun saja.

Beasiswa yang berdiri sejak tahun 1983 ini dibuka untuk 116 negara di dunia. Setiap tahunnya, terdapat 700 beasiswa yang diberikan. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan tunjangan biaya kuliah master, tiket perjalanan, biaya penyusunan tesis, tunjangan hidup, dan uang saku bulanan sekitar £ 917 – £ 1.134 poundsterling.

Jika kalian tertarik untuk mendaftar beasiswa ini, setidaknya kalian sudah mengantongi pengalaman kerja minimal 2 tahun ya Kawan YEC.

  • Erasmus+, Eropa

Ingin merasakan suasana klasik namun modern dari benua Eropa sembari menimba ilmu? Jika iya, maka beasiswa Erasmus+ ini bisa kalian lirik. Melibatkan pembiayaan bersama dari 27 negara di Eropa, beasiswa ini ditawarkan dalam jumlah besar. Untuk Indonesia sendiri, ada lebih dari 1.900 penerima beasiswa Erasmus+ di tahun 2020.

Selain menjadi jalan bagi mahasiswa Indonesia untuk ke Eropa, Erasmus+ juga menjadi jembatan bagi ratusan mahasiswa dan dosen asal Eropa untuk belajar dan mengajar di Indonesia. Beasiswa Erasmus+ menawarkan tunjangan biaya kuliah di Eropa, biaya hidup, tempat tinggal, asuransi, dan biaya perjalanan.

Nah, demikianlah beberapa beasiswa yang bisa membawa Kawan YEC untuk studi ke luar negeri. Mayoritas beasiswa ini diberikan oleh negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resminya. Karena itu, sebelum kamu disibukkan dengan berkas-berkas pendaftaran, sebaiknya kalian mematangkan satu kemampuan dulu, yaitu berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Ikuti Kursus Bahasa Inggris dan Toefl Untuk Mempermudah kamu kuliah diluar negeri

Yak betul! Untuk studi ke luar negeri, paling tidak kamu harus menguasai bahasa Inggris terlebih dahulu. Bahasa Inggris akan sangat membantu kamu untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai bangsa. Ini penting lho, karena ketika kamu sudah berada di luar negeri, kemandirianmu dituntut agar kamu bisa bertahan. Berkomunikasi dan bekerjasama dengan orang-orang dari berbagai bangsa adalah kuncinya.

Belajar bahasa Inggris tidak sulit kok, asalkan kalian mengetahui dasar-dasarnya. Nah, bagi kalian-kalian yang ingin belajar bahasa Inggris dari dasar, YEC punya solusi untuk kalian nih.

YEC menyelenggarakan “Kelas Bahasa Inggris Dasar untuk Mahasiswa”! Di kelas ini, Kawan YEC akan belajar bahasa Inggris dari dasar hanya dalam 10 hari saja.

Dalam durasi 10 hari saja, materinya sudah disusun sedemikian rupa sehingga ringkas dan mudah untuk dipahami.

Di kelas online ini, kamu bisa belajar kapanpun dan dimanapun. Kamu bebas memilih waktu belajar kamu sendiri, dan bebas menentukan tempat belajar yang nyaman untukmu. Di zaman pandemi seperti ini, kamu nggak perlu berdesak-desakan untuk berangkat ke tempat kursus. Kamu bisa belajar pagi, siang, malam, sebebas kamu.

Di kelas ini, materinya mudah dipelajari. Ada Vocabulary (kosakata), Grammar (tata bahasa), Listening (mendengarkan), Reading (membaca), dan Short Expression (ungkapan pendek).

Proses belajarnya juga mudah lho. Kalian bisa menonton video pembelajaran yang disusun secara ringkas dan menarik. Materinya pun disampaikan dalam bahasa Indonesia, jadi kamu pasti paham.

Nah, setelah menyerap materinya, kamu bisa asah pemahamanmu dengan mengerjakan latihan soal. Di setiap latihan soal, ada kunci jawaban dan pembahasannya.

Bingung dengan latihan soalnya? Jangan khawatir, ada tutor profesional yang siap membantumu. Kamu bisa bertanya ke tutor bila kamu menemui kendala via grup WhatsApp ya.

Bila kamu rajin mengikuti kelasnya sampai akhir, kamu akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat ini bisa banget kamu cantumkan di CV kamu lho.

Kelas dengan keuntungan sebanyak ini nggak akan membuatmu rugi lho. Hanya dengan harga Rp 100.000an* aja, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan efektif dan nyaman.

Masih kurang? Kamu pun masih berkesempatan untuk mendapatkan diskon*, jadi harga kelasnya bisa lebih terjangkau.

Gimana, menarik banget bukan? Sebelum kehabisan kuota, yuk segera daftar ke “Kelas Bahasa Inggris Dasar untuk Mahasiswa” dan raih beasiswa impianmu bersama YEC!

YEC, preparing for a better you.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top