Magang di Luar Negeri

Magang di luar negeri? Apa itu dan bagaimana persiapannya?

Magang adalah kegiatan untuk mengaplikasikan pengetahuan atau pendidikan yang didapat di bangku sekolah atau perkuliahan secara nyata di dunia kerja.

Lebih lengkap, Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan mendefinisikan magang sebagai bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja/buruh yang lebih berpengalaman, dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Kawan YEC yang sedang atau pernah bersekolah di SMK pasti familiar dengan magang. Magang atau PKL (Praktek Kerja Lapangan) atau Prakerin (Praktek Kerja Industri) adalah salah satu kegiatan yang harus ditempuh oleh murid SMK supaya dapat lulus.

Selain di SMK, magang juga umum di kalangan mahasiswa. Kegiatan ini menjadi kegiatan wajib di sebagian perguruan tinggi sebagai syarat kelulusan mahasiswanya.

Magang sangat penting dilakukan agar para murid atau mahasiswa bisa mengetahui seluk beluk tentang dunia kerja secara nyata sebelum mulai terjun ke dalamnya. Magang mempersiapkan murid atau mahasiswa agar lebih kompeten dan berpengalaman dalam pekerjaan. Magang juga dapat menjadi titik awal bagi seseorang untuk menggapai kesuksesan di dunia kerja.

Magang biasanya dilakukan di lembaga-lembaga atau perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk posisi magang. Selain di dalam negeri, kesempatan untuk magang di luar negeri pun sangat besar, lho, Kawan YEC.

Kenapa harus magang di luar negeri? Memang tidak ada kewajiban untuk magang di luar negeri ya Kawan YEC. Namun, bila kamu bisa magang di luar negeri, banyak manfaat yang akan kamu dapatkan.

Magang di luar negeri menawarkan kesempatan tak ternilai untuk mengembangkan diri serta keahlianmu. Selain itu, dengan itu kamu bisa membangun network atau jaringan dengan orang-orang dari berbagai negara. Magang di luar negeri juga akan menambah daftar pengalaman di CV-mu, sehingga HRD lebih tertarik untuk merekrutmu. Bagaimana, banyak bukan manfaatnya?

Persiapan Magang di Luar Negeri

Nah sekarang, apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum kamu berangkat ?

Magang di luar negeri tentunya memerlukan persiapan yang lebih jika dibandingkan dengan magang di dalam negeri ya, Kawan YEC. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu:

Mempelajari negara tujuan

Hal pertama yang harus Kawan YEC lakukan adalah mempelajari negara tujuan magang. Ini penting untuk dilakukan supaya kamu mengetahui terlebih dahulu situasi tempat di mana kamu akan magang. Melakukan riset tentang negara tujuan ini akan membantumu untuk beradaptasi dengan cuaca, kebiasaan, dan aturan yang berlaku di negara itu.

Mempelajari pengurusan izin magang dan tinggal di luar negeri

Mempelajari pengurusan izin juga tak kalah penting untuk dilakukan. Sebagai orang asing yang akan beraktivitas di negara orang lain, tentunya kamu harus mengurus berbagai hal seperti visa, paspor, tiket pesawat, tempat tinggal, dan sebagainya. Pastikan untuk teliti dan sabar saat menyiapkan dokumen yang dibutuhkan ya, Kawan YEC.

Mengelola keuangan

Membuat rencana pengeluaran secara rutin akan membantumu untuk mengelola keuangan. Selain itu, berhemat juga perlu dilakukan agar dana yang kamu siapkan atau terima tidak habis sebelum waktunya. Memperhatikan nilai tukar atau kurs juga penting untuk dilakukan agar kamu mengetahui nominal uang Rupiah yang kamu butuhkan selama masa magang.

Mempersiapkan mental 

Berada di negara orang mensyaratkan kemandirianmu untuk tumbuh. Selama magang, kamu akan tinggal jauh dari keluarga. Yang melayani kebutuhan pribadimu pun kamu sendiri. Mulailah untuk belajar mandiri sebelum berangkat.

Baca juga : Kursus Persiapan Toefl

Mengetahui bahasa negara tujuan

Poin kelima ini adalah kunci dari semua persiapan yang kamu lakukan. Mengetahui bahasa dari negara tujuan sudah barang tentu menjadi hal yang wajib dilakukan. Paling tidak, kamu sudah menguasai bahasa Inggris dulu. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang diterima di hampir semua negara di dunia.

Eh, apa? Kamu nggak bisa bahasa Inggris?

Tenang, Kawan YEC…. bukan “nggak bisa” ya, tapi “belum bisa”. Kamu bisa kok, mencicil belajar bahasa Inggris mulai dari sekarang. Bahasa Inggris nggak sesusah itu. Bersama YEC, kamu bisa merasakan asyik dan mudahnya belajar bahasa Inggris!

YEC menyelenggarakan kelas online bagi kamu-kamu yang kepo tentang bahasa Inggris. Kamu bisa banget cobain join “Kelas Bahasa Inggris Dasar untuk Mahasiswa”.

Di kelas ini, kamu akan belajar dasar-dasar dalam bahasa Inggris seperti vocabulary (kosakata), grammar (tata bahasa), listening (mendengarkan), dan masih banyak materi lainnya. Sambil nongkrong di cafe, kamu bisa mengakses puluhan video pembelajaran interaktif yang seru. Habis nonton video-videnya, jangan lupa uji kemampuanmu dengan mengerjakan soal-soal latihan.

Bingung sama materinya? Ada tutor berpengalaman yang siap menjawab pertanyaanmu.

Jadwal kelasnya padat? Nggak dong, karena kelasnya bisa kamu akses kapan pun, semau kamu!

Pasti mahal harganya? Tentu tidak. Hanya dengan Rp 100.000an* aja, kamu bisa dapatkan semua kemudahan ini!

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera daftarkan dirimu di Kelas Bahasa Inggris Dasar untuk Mahasiswa dan persiapkan dirimu untuk magang di luar negeri!

YEC, preparing for a better you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top